DPRD Kotim apresiasi hotel berbintang dukung UMKM

id DPRD Kotim apresiasi hotel berbintang dukung UMKM, kalteng, DPRD kotim, rinie, sampit, kotim, Kotawaringin Timur

DPRD Kotim apresiasi hotel berbintang dukung UMKM

Ketua DPRD Kotawaringin Timur Rinie dan Wakil Bupati Irawati meninjau produk UMKM yang difasilitasi dijual di lobi hotel berbintang di Sampit, Senin (31/1/2022). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Rinie mengapresiasi hotel berbintang turut mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah ini karena dampaknya akan dirasakan para pelaku usaha kecil tersebut. 

"Memang kita semua harus membantu UMKM agar terus tumbuh dan berkembang. Hotel berbintang maupun hotel lainnya juga diharapkan terus membantu dengan memberi kesempatan bagi produk UMKM ditampilkan di hotel tersebut," kata Rinie di Sampit, Rabu. 

Menurutnya, sudah sewajarnya perhotelan membantu UMKM untuk "naik kelas". Kualitas produk UMKM Kotawaringin Timur terus meningkat sehingga layak dipasarkan di pusat perbelanjaan modern dan hotel. 

Hotel bisa membantu dengan cara menyiapkan tempat secara gratis di lobi hotel untuk memberi kesempatan bagi pelaku UMKM memajang produk-produk mereka. Harapannya agar menarik minat tamu hotel untuk membelinya. 

Rinie bahkan menyarankan perhotelan turut berperan membina pelaku UMKM sebagai bagian program CSR (corporate social responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan perhotelan tersebut. Apalagi ini berdampak langsung kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM tersebut. 

Baca juga: Legislator Kotim meminta pengawasan kinerja fasilitas kesehatan ditingkatkan

Saat ini pelaku UMKM di Kotawaringin Timur sangat bersemangat. Bahkan di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi, pelaku UMKM berjuang keras untuk kembali bangkit. 

Dari sisi kualitas produk, Rinie menilai produk UMKM lokal di Kotawaringin Timur tidak kalah bersaing. Produk UMKM lokal seperti kuliner, suvenir, kerajinan rotan dan lainnya. Namun untuk mengembangkannya, pelaku UMKM memerlukan dukungan dalam hal permodalan, kemasan dan pemasaran. 

Kepedulian sejumlah hotel di Sampit yang memberi kesempatan pelaku UMKM menjual produknya di hotel, merupakan upaya yang patut diapresiasi. Langkah ini dinilai merupakan upaya konkret dalam membantu pengembangan UMKM daerah ini. 

Rinie berharap semakin banyak pihak yang peduli dan membantu pengembangan UMKM. Secara khusus, dia mengajak instansi pemerintah dan swasta membantu pemasaran dan menyerap produk UMKM lokal sehingga akan berdampak langsung terhadap pelaku UMKM. 

"Kalau kita semua peduli membantu, saya yakin UMKM kita akan semakin maju sehingga berdampak terhadap peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat kita karena sektor UMKM cukup banyak digeluti masyarakat," demikian Rinie. 

Baca juga: Legislator Kotim berharap harga minyak goreng segera stabil

Baca juga: DPRD Kotim ingatkan jangan ada diskriminasi pelayanan kesehatan

Baca juga: DPRD Kotim dorong penanganan serius jaringan pengemis di Sampit