DPRD harapkan SOPD maksimalkan realisasi belanja tahun 2022

id Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto, DPRD Kabupaten Seruyan, DPRD Seruyan, Kabupaten Seruyan, Seruyan, Kalteng

DPRD harapkan SOPD maksimalkan realisasi belanja tahun 2022

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang. ANTARA/Radianor.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto mengingatkan sekaligus meminta kepada seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) wilayah setempat, agar bisa memaksimalkan realisasi belanja pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022.

"Kami minta kepada seluruh SOPD ke depan bisa meningkatkan realisasi belanjanya. Jangan sampai dalam satu tahun anggaran, realisasi belanja tersebut tidak bisa dimaksimalkan dengan baik," kata Bejo di Kuala Pembuang, Kamis.

Dia mengatakan, terkait dengan realisasi belanja SOPD yang kecil, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi hal tersebut seperti pengusulan anggaran maupun program kegiatan yang tidak dilakukan secara terukur oleh setiap SOPD sehingga realisasinya di lapangan menjadi tidak maksimal.

"Khususnya dari segi pengusulan anggaran harus dilakukan secara terukur dan dengan perencanaan yang matang, sehingga bisa mencapai hasil yang diharapkan," jelasnya..

Kecilnya realisasi belanja di setiap SOPD tentunya akan berpengaruh terhadap serapan anggaran yang ada dan hal tersebut bisa diatasi dengan memaksimalkan program kerja di masing-masing instansi.

Dia menyampaikan, apabila realisasi belanja tersebut tidak bisa maksimal atau realisasinya sangat kecil tentu akan sangat berpengaruh pada masyarakat karena memang setiap program itu pastinya untuk kesejahteraan masyarakat, hal seperti ini jangan sampai dibiarkan berlarut-larut.

"Memang saat ini kita masih memasuki triwulan I, namun agar bisa memaksimalkan realisasi belanja daerah tersebut program-program yang direncanakan itu bisa dilaksanakan lebih awal namun harus sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata Bejo.

Politisi Partai Amanat Nasional itu menambahkan bahwa masih ada waktu, apabila triwulan I belum maksimal. Maka untuk mengejarnya berada di Triwulan II, III dan IV ini, hal itu perlu dilakukan guna terukurnya pembangunan sesuai dengan perencanaan yang sudah tersusun dan direncanakan oleh Pemkab Seruyan.

Baca juga: DPRD minta Bapenda turun langsung gali PAD di Seruyan

Baca juga: Legislator Seruyan: Penempatan ASN harus sesuai kemampuan

Baca juga: Wabup Seruyan: Kebersihan objek wisata Teluk Sebongkok harus dijaga