Meta jalin kemitraan tampilkan iklan 3D di metaverse

id Meta,Meta jalin kemitraan tampilkan iklan 3D di metaverse,logo meta

Meta jalin kemitraan tampilkan iklan 3D di metaverse

FILE PHOTO: Woman holds smartphone with Meta logo in front of a displayed Facebook's new rebrand logo Meta in this illustration picture taken October 28, 2021. REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta (ANTARA) - Meta dikabarkan telah menjalin kemitraan untuk memudahkan para pengiklan menampilkan promosi dengan materi tiga dimensi sebagai persiapan memasuki metaverse.

Adapun kemitraan itu dilakukan dengan e-commerce teknologi bernama VNTANA yang memungkinkan pengiklan untuk mengunggah model tiga dimensi untuk produk mereka sehingga dapat ditampilkan berbeda dari iklan- iklan yang saat ini bermunculan di Facebook dan Instagram.

"Mataverse pada dasarnya merupakan ruang virtual spasial, sebuah dunia dengan seluruh kemungkinan dimulai. Termasuk dengan memiliki bentuk 3D yang tepat untuk pemasaran produk," kata Chief Executive VNTANA Ashley Crowder dikutip dari Reuters, Sabtu.

Menurut Ashley, kerjasama itu merupakan batu loncatan baru dalam dunia pemasaran dengan ruang baru juga yang bernama metaverse.

Nantinya iklan itu bisa tampil layaknya produk yang bisa disentuh langsung saat seseorang mengakses metaverse lewat perangkat headset AR/VR.

Meta juga sebelumnya telah bermitra dengan perusahaan augmented reality (AR) Modiface dan PerfectCorp untuk membantu jenama kecantikan dan kosmetik bisa beriklan dengan bentuk 3D dan AR dengan lebih mudah.

Nantinya pengguna Facebook dan Instagram tidak hanya bisa melihat bentuk produk yang dijual tapi juga melihatnya dan berinteraksi seakan- akan berada di gerai secara langsung.

Semua sudut produk bisa dilihat bahkan terasa seperti digunakan secara langsung meski hanya dari ruang virtual.

"Di satu sisi, ini menawarkan sekilas tentang apa yang mungkin Anda harapkan pada perangkat masa depan seperti kacamata AR," kata Direktur Kemitraan AR di unit Meta Reality Labs Chris Barbour.

Sebelum integrasi VNTANA dengan Meta, pengiklan perlu memformat ulang file 3D agar kompatibel dengan sistem iklan Meta. Sekarang, merek dapat menggunakan VNTANA untuk mengunggah dan mengonversi file menjadi iklan dengan mudah tanpa keahlian teknis dalam bekerja dengan gambar 3D.

Penerjemah: Livia Kristianti