Kasus pembunuhan Khashoggi dilimpahkan ke Arab Saudi

id Khashoggi, Arab Saudi,Kasus pembunuhan Khashoggi dilimpahkan ke Arab Saudi,Istanbul

Kasus pembunuhan Khashoggi dilimpahkan ke Arab Saudi

Seorang pria tidak dikenal mencoba menahan pers yang tiba di Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, di tengah reaksi internasional yang meningkat terhadap hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi. (REUTERS/HANDOUT)

Istanbul (ANTARA) - Pengadilan Turki di Istanbul pada Kamis (7/4) memutuskan untuk menghentikan persidangan para tersangka warga Arab Saudi atas kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi dan melimpahkan prosesnya kepada otoritas Saudi, seperti dilansir media lokal.

Keputusan tersebut, yang diambil sesuai dengan pendapat Kementerian Kehakiman Turki, muncul sepekan setelah jaksa yang memimpin kasus Khashoggi menyerukan agar kasus itu, yang mengadili 26 terdakwa Saudi secara in absentia, dilimpahkan ke Riyadh, menurut saluran berita televisi Turki NTV.

Laporan media mengatakan pelimpahan tersebut akan membantu memulihkan hubungan Turki-Saudi yang rusak sejak insiden pembunuhan Khashoggi.

Khashoggi, seorang kolumnis Saudi untuk The Washington Post, dibunuh di dalam konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober 2018, yang mendorong penangkapan terhadap sejumlah pejabat senior Saudi terkait kasus itu.

Melalui penyelidikan mereka, para pejabat Turki mengatakan Khashoggi dibunuh dan jasadnya dimutilasi oleh tim agen Saudi di konsulat tersebut.

Baca juga: Tunangan Jamal Khashoggi minta Justin Bieber batalkan penampilannya

Baca juga: Putra Mahkota Saudi dituntut oleh tunangan Khasogghi

Baca juga: Delapan orang divonis tujuh sampai 20 tahun penjara atas kematian Khashoggi