Porprov Kalteng digelar Juni 2023 di Sampit

id Porprov Kalteng digelar Juni 2023 di Sampit, kalteng, KONI, bupati kotim, Halikinnor, sampit, kotim, Kotawaringin Timur

Porprov Kalteng digelar Juni 2023 di Sampit

Bupati Halikinnor bersama pengurus KONI Provinsi Kalimantan Tengah dan KONI Kabupaten Kotawaringin Timur berfoto bersama usai rapat persiapan Porprov Kalteng 2023, Senin (11/4/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah diputuskan akan digelar di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur pada Juni 2023 mendatang. 

"Jadi rapat hari ini kita putuskan bahwa Porprov dilaksanakan Juni 2023. Untuk tanggalnya akan kita koordinasikan lagi dengan Pak Gubernur menyesuaikan agenda lain di tingkat provinsi," kata Bupati Halikinnor di Sampit, Senin. 

Informasi itu disampaikan Halikinnor usai rapat dengan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Tengah di aula rumah jabatan Bupati Kotawaringin Timur. Turut hadir Ketua KONI Kotawaringin Timur Ahyar Umar bersama jajarannya. 

Rapat membahas persiapan awal, khususnya pembahasan kesiapan lokasi pertandingan setiap cabang olahraga serta anggaran. Kegiatan bergengsi ini akan dibiayai bersama oleh pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dengan pembagian tugas yang sudah disepakati. 

Saat ini panitia sedang menghitung ulang kebutuhan anggaran karena ada penambahan biaya pada beberapa kegiatan. Seperti pembenahan Stadion 29 November Sampit yang awalnya dialokasikan sekitar Rp3 miliar, namun kebutuhan anggaran bertambah karena ada beberapa pembenahan tambahan. 

Beberapa pembenahan lokasi pertandingan dimulai tahun ini dan dilanjutkan awal tahun depan. Berdasarkan perkiraan perhitungan waktu itulah diputuskan Porprov akan dilaksanakan pada Juni 2023.

Baca juga: DPRD Kotim minta Dinas PUPR berbenah tingkatkan kinerja

Halikinnor mengingatkan panitia besar dan panitia kecil mempersiapkan semuanya secara matang, termasuk dalam hal perhitungan anggaran. Dia tidak ingin event ini sampai terganggu masalah anggaran. 

Dia berharap pandemi COVID-19 ini segera berakhir sehingga Porprov 2023 bisa digelar secara meriah. Untuk itu masyarakat juga diminta mendukung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi agar pandemi COVID-19 berakhir. 

"Pemerintah daerah berharap bisa meraih sukses ganda pada Porprov nanti, yakni sukses sebagai tuan rumah dan sukses menjadi juara umum. Kita tingkatkan sinergi dan kerja keras untuk menyukseskan ini semua," demikian Halikinnor. 

Sementara itu Ketua KONI Kotawaringin Timur Ahyar Umar mengatakan persiapan terus dilakukan, baik dalam hal pelaksanaan lomba maupun upaya meraih prestasi tertinggi dalam event tersebut. 

Ahyar berterima kasih atas dukungan besar pemerintah daerah dalam mempersiapkan pelaksanaan Porprov. KONI berharap setiap cabang olahraga secara serius mempersiapkan atlet-atletnya agar bisa meraih juara di setiap kategori lomba. 

Baca juga: Pemkab Kotim berharap 2024 seluruh desa tersambung listrik PLN

Baca juga: COVID-19 masih merenggut nyawa di Kotim

Baca juga: Pemprov Kalteng gelontorkan anggaran bantu perbaikan jalan di utara Kotim