Pemkab Seruyan diminta lebih serius penuhi kebutuhan dasar masyarakat

id Seruyan diminta lebih serius penuhi kebutuhan dasar masyarakat, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko, DPRD Kabupat

Pemkab Seruyan diminta lebih serius penuhi kebutuhan dasar masyarakat

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko di Kuala Pembuang, ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah setempat, agar lebih serius dan optimal memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, terkhusus bidang pendidikan maupun kesehatan.

Pemenuhan kebutuhan dasar pendidikan dan kesehatan itu sangat penting dalam meningkatkan kualitas dan pelayanan kepada masyarakat, kata Bambang di Kuala Pembuang, Kamis.

"Kami melihat selama ini pemenuhan kebutuhan masyarakat di kabupaten ini belum begitu maksimal. Itulah kenapa kami minta lebih dioptimalkan," tambahnya.

DPRD Seruyan menyadari bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di kabupaten setempat cukup terbatas. Namun, dengan keterbatasan tersebut, Pemkab Seruyan bisa lebih mengutamakan kebutuhan dasar pendidikan dan kesehatan.

Bambang mengatakan, salah satu contoh fasilitas rumah dinas, dimana saat ini berdasarkan pantauannya di beberapa desa maupun kecamatan di daerah Pemilihan (Dapil II) yang meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar dan Suling Tambun banyak ditemui kondisi bangunannya sudah tidak layak huni.

"Rata-rata bangunan perumahan baik itu dinas guru maupun kesehatan di dapil II itu dibangun sejak tahun 1980 sampai 1990 an dan tentu sangat lama sehingga sudah tidak layak lagi untuk ditempati. Itulah kenapa pembangunan serta perbaikan harus diprioritaskan," kata dia.

Baca juga: Bupati Seruyan: PBS Perkebunan harus penuhi kewajiban ke masyarakat

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu menambahkan bahwa, belum lagi terhadap fasilitas penunjang lainnya yang juga perlu perhatian pemerintah, misalnya ketersediaan pustu, bangunan sekolah yang layak dan penambahan tenaga pendidik serta tenaga kesehatan.

"Hal ini perlu menjadi perhatian Pemkab Seruyan, karena tidak bisa kita pungkiri permasalahan tersebut saat ini memang benar-benar terjadi dan belum diatasi secara menyeluruh, sehingga harus ada upaya yang maksimal untuk mewujudkannya," jelasnya.

Dia berharap dengan adanya prioritas terhadap kebutuhan dasar pendidikan dan kesehatan ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah dan  kesejahteraan masyarakat Seruyan.

Baca juga: Legislator: Nelayan Desa Bangkal harapkan bantuan perahu berkapasitas 400 kilogram

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan: Pemekaran desa bisa memudahkan pelayanan ke warga