Pemkot Palangka Raya disarankan tiru program 'Smart City' Kota Bandung

id Pemkot Palangka Raya disarankan tiru program 'Smart City' Kota Bandung, kalteng, Palangka Raya, bandung

Pemkot Palangka Raya disarankan tiru program 'Smart City' Kota Bandung

Wakil Ketua II Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Rusdiansyah. ANTARA/Adi Wibowo 

Palangka Raya  (ANTARA) - Wakil Ketua II Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Rusdiansyah menyarankan pemerintah kota (pemkot) setempat mengadopsi program 'Smart City' atau Kota Cerdas yang selama ini sudah diterapkan di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

"Ada banyak inovasi 'Smart City' yang sudah diterapkan di Kota Bandung. Itu bisa diadopsi untuk diterapkan di Kota Palangka Raya," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Dia menuturkan, salah satu program Smart City tersebut yakni memutakhirkan Command Center, yang menjadi salah satu pengolah data satu pintu. Dalam sistem ini, semua data yang berkaitan dengan Kota Palangka Raya bisa diakses di Command Center.

"Berdasarkan penjelasan DPRD dan Pemerintah Kota Bandung, maka banyak hal yang bisa diterapkan di Kota Palangka Raya, mengingat struktur kotanya hampir sama," kata Rusdiansyah.

Sekretaris Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Palangka Raya itu juga mengungkapkan, untuk mewujudkan Smart City maka dirinya berharap apa yang sudah dipelajari di Kota Bandung bisa diterapkan di wilayah kota setempat.

Baca juga: Polresta Palangka Raya gencar bantu pencegahan penularan PMK

Dia sangat yakin, apabila Pemkot Palangka Raya setempat mengadopsi inovasi-inovasi dari Kota Bandung, maka 'Kota Cantik' Palangka Raya juga bisa menjalankan program tersebut.

"Pengetahuan yang didapat dari Kota Bandung ini hendaknya bisa diterapkan Pemkot Palangka Raya, melalui instansi teknis. Terutama dalam memutakhirkan keberadaan command center," bebernya.

Lebih lanjut, dia menambahkan, kalangan wakil rakyat di DPRD setempat tentunya akan terus mendukung pemkot setempat untuk terus berkembang mengikuti perkembangan zaman yang saat ini sudah mulai merambah ke digitalisasi.

Dengan menguasai sistem digitalisasi, maka semua pelayanan publik akan berjalan dengan baik dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

"Besar harapan kita ilmu yang sudah didapatkan dari Pemerintah Kota Bandung, bisa diterapkan di daerah kita. Apalagi kondisi Kota Bandung hampir mirip saja dengan daerah kita," demikian Rusdiansyah.

Baca juga: Legislator dorong Pemkot Palangka Raya semakin gencarkan promosi pariwisata

Baca juga: Rawan celaka, larang anak-anak gunakan sepeda listrik ke jalan raya

Baca juga: PN Palangka Raya menonaktifkan tiga hakim memvonis bebas bandar narkoba