Bupati Seruyan undang pengusaha bahas peningkatan serapan pajak

id Bupati Seruyan undang pengusaha bahas peningkatan serapan pajak, kalteng, seruyan, yulhaidir

Bupati Seruyan undang pengusaha bahas peningkatan serapan pajak

Bupati Seruyan Yulhaidir  saat membaca sambutan di agenda Temu Pengusaha di Jakarta (15/7/2022). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Kuala Pembuang (ANTARA) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Yulhaidir mengagendakan pertemuan dengan para investor atau pelaku usaha dalam rangka optimalisasi dan kerja sama pemungutan pajak di wilayah setempat agar bisa lebih maksimal.

“Pertemuan tersebut untuk meningkatkan serapan pajak kepada para investor yang memang beroperasi di Bumi Gawi Hantantiring ini,” kata Yulhaidir di Kuala Pembuang, Kamis.

Dia mengatakan, pajak dan retribusi daerah di Seruyan saat ini mempunyai peran yang sangat penting dalam pembiayaan pembangunan daerah. Harapannya dengan meningkatnya pendapatan asli daerah tentu akan dapat meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Penerimaan dari pusat semakin menurun dan hanya cukup untuk membiayai belanja-belanja daerah yang sifatnya wajib dan mengikat,” ungkapnya.

Pembiayaan belanja pembangunan sebagian berasal dari program dana alokasi khusus dan yang lainnya masih harus menunggu penerimaan daerah yang berasal dari pendapatan asli daerah (PAD).

Baca juga: Berikut enam cabor yang Seruyan ikuti pada Popprov Kalteng 2022

Peranan dan potensi penerimaan daerah dari aktivitas perusahaan besar, baik perusahaan perkebunan, perhutanan, koperasi plasma sawit dan telekomunikasi sangat diharapkan. Serapannya pajaknya diharapkan bisa mencapai target yang telah ditetapkan.

"Untuk mewujudkan hal tersebut perlu  upaya-upaya peningkatan pendapatan daerah dari sektor tersebut dengan peningkatan kesadaran memberikan data-data secara periodik dan akurat dan benar dengan penyesuaian regulasi," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk meningkatkan pendapatan daerah harus bisa melihat potensi yang terus berkembang. Tujuannya agar pada saatnya dapat mendukung kelangsungan peningkatan pembangunan di segala bidang guna mempercepat pertumbuhan ekonomi di Seruyan.

Selain itu, dengan adanya pertemuan tersebut juga pastinya dapat menumbuhkan kesadaran bagi para pelaku usaha dalam membayar pajak dan diharapkan bisa dicontoh masyarakat.

"Hal ini secara langsung maupun tidak langsung akan meningkatkan kemampuan masyarakat terhadap kewajibannya yaitu membayar pajak daerah dan retribusi daerah," demikian Yulhaidir. 

Baca juga: DPRD harapkan atlet Seruyan mampu raih prestasi di Popprov Kalteng

Baca juga: Desa Tumbang Setawai mengharapkan kehadiran penyuluh pertanian

Baca juga: Desa Tumbang Setawai mengharapkan kehadiran penyuluh pertanian