Wali Kota lepas pemberangkatan 146 calon haji Palangka Raya

id Fairid Naparin, Palangka Raya, Haji, Kalimantan tengah

Wali Kota lepas pemberangkatan 146 calon haji Palangka Raya

Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Fairid Naparin melepas keberangkatan jamaah calon haji di Palangka Raya, Kamis (16/6/2022) malam. (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Fairid Naparin melepas secara resmi pemberangkatan 146 orang calon haji dari daerah setempat.

"Selamat bagi masyarakat yang pada tahun ini dapat berangkat melaksanakan rukun Islam ke lima usai dua tahun penantian," kata Fairid di Palangka Raya, Kamis malam.

Fairid pun berpesan agar jamaah calon haji senantiasa mengikuti arahan dan petunjuk panitia maupun petugas pendamping haji.

"Tunaikan ibadah haji secara khusyuk dan ikhlas. Apapun yang terjadi ikhlaskan saja. Jaga kebersamaan dan kekompakan antar sesama jamaah dan petugas. Semoga menjadi haji yang mabrur," terangnya.

Ketua Panitia Pemberangkatan dan Penjemputan Jamaah Haji Kota Palangka Tutiah menerangkan pada tahun ini jamaah asal "Kota Cantik" berjumlah 146 orang.

"Jamaah akan diberangkatkan dalam dua kloter yakni kloter lima dan kloter tujuh. kloter lima terdiri dari 114 orang, terdiri dari 48 pria dan 66 perempuan. Kolter tujuh terdiri dari 32 orang, terdiri dari 16 pria dan 16 perempuan," katanya.

Dia mengatakan, pada musim haji tahun ini, Pemerintah Kota Palangka Raya memberikan bantuan berupa baju batik motif khas Kalteng dan slayer.

Selain itu juga menanggung biaya perjalanan serta makan para jamaah saat pemberangkatan dan penjemputan ke Asrama Haji Banjarmasin di Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Kantor Kemenag Kota Palangka Raya Nur Widiantoro menerangkan, jamaah calon haji Kloter 5 diberangkatkan ke Asrama Haji Banjarmasin pada Jumat (17/6) pukul 05.00 WIB.

"Sementara untuk Kloter 7 akan diberangkatkan ke Asrama Haji Banjarmasin pada (19/6) malam pada pukul 22.00 WIB," kata Nur Widiantoro disela seremoni pelepasan jamaah calon haji Palangka Raya.

Dia menambahkan bahwa seluruh jamaah calon haji asal "Kita Cantik" telah menyelesaikan proses manasik haji dan vaksinasi COVID-19.

"Pada dasarnya, seluruh jamaah calon haji sudah siap untuk menunaikan ibadah haji. Semoga nantinya saat kembali, bisa menjadi haji yang mabrur," katanya.