Pemkab Murung Raya salurkan 20 sapi kurban kesepuluh kecamatan

id Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, Murung Raya, Murung Raya salurkan 20 sapi kurban ke 10 kecamatan, Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor

Pemkab Murung Raya salurkan 20 sapi kurban kesepuluh  kecamatan

Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor bersama beberapa kepala OPD lingkup pemkab setempat saat penyerahan sapi qurban bantuan pemerintah daerah ke-10 kecamatan yang dilaksanakan di Halaman Masjid Agung Al-Istiqlal Kota Puruk Cahu, Jumat (8/7/2022). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu, Kalteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, menyalurkan sebanyak 20 hewan kurban berupa sapi kurban ke-10 kecamatan yang ada di kabupaten setempat.

Penyaluran tersebut langsung oleh Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor pada acara penyerahan sapi kurban bantuan Pemkab setempat yang dilaksanakan di Halaman Masjid Agung Al-Istiqlal di Kota Puruk Cahu, Jumat.

Dalam laporannya, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Murung Raya,  Endang Yulianti menyampaikan bantuan sapi  kurban tersebut seluruhnya diserahkan, disembelih dan dibagikan oleh penitia masjid di masing- masing kecamatan.

"Untuk jumlah masjid penerima hewan kurban tahun ini Kecamatan Murung diberikan kepada tujuh masjid, Kecamatan Laung Tuhup diberikan ke tiga masjid, Kecamatan Permata Intan dan Kecamatan Sumber Barito diberikan masing-masing dua masjid," jelas Endang.

Sedangkan, untuk Kecamatan Tanah Siang Selatan, Kecamatan Seribu Riam, Kecamatan Uut Murung, Kecamatan Tanah Siang dan Kecamatan Barito Tuhup Raya masing-masing diberikan satu sapi kurban di setiap masjid.

"Bank Kalteng Cabang Puruk Cahu juga memberikan bantuan satu ekor sapi kurban kepada masjid Al- Mubaroqah Puruk Cahu," Kata dia.

Endang menuturkan, pendistribusian hewan kurban telah dilaksanakan mulai tanggal 7 Juli kepada pengurus masjid di kecamatan, kelurahan dan desa penerima bantuan. Dan untuk Hewan kurban yang disiapkan Pemkab, telah melalui pemeriksaan kesehatan oleh petugas yang berwenang dan telah di karantina sehingga layak diberikan ke masyarakat.

"Serta bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) dan memenuhi persyaratan hewan," tambahnya.

Baca juga: Hadiri HUT Bhayangkara Ke-76, Wabup Murung Raya apresisasi kinerja Polri

Sementara itu, Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor mengatakan penyerahan bantuan sapi qurban merupakan agenda rutin  pemkab setempat menjelang Hari Raya Idul Adha.

"Sebagai umat yang beragama, berbagi merupakan sikap peduli akan sesama dengan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan, serta memberikan sebaian kecil untuk orang-orang sekitar, seperti halnya dalam menyambut Hari Raya Idul Adha untuk meningkatkan kesholehan dan ukhuwah Islamiyah," ucap Rejikinoor.

Hadiri dalam acara tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mura Ustadz Karsihadi, Kepala Kemenag H. Marzuki Rahman, Perwakilan pengurus masjid penerima bantuan hewan kurban, serta beberapa Kepala OPD di lingkup Pemkab Murung Raya.

Baca juga: Lima sekolah di Murung Raya ikuti program sekolah penggerak angkatan kedua

Baca juga: Diduga ditinggal istri, pria di Murung Raya ditemukan tewas gantung diri

Baca juga: Tingkatkan PAD melalui promosi objek wisata Air Terjun 'Ketutung' Murung Raya