Masyarakat diajak jajal kendaraan listrik secara gratis

id PLN ,kendaraan listrik,mobil listrik,Masyarakat diajak jajal kendaraan listrik secara gratis

Masyarakat diajak jajal kendaraan listrik secara gratis

Ilustrasi: Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kiri) mengisi daya mobil listrik saat peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging di Central Parking Nusa Dua, Badung, Bali. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww)

Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) mengajak masyarakat untuk menjajal langsung kendaraan listrik secara gratis dalam acara bertajuk "PLN E-Mobility Day: Driving The Future" yang digelar di Denpasar, Bali, pada 18-24 Juli 2022.

Kegiatan itu sebagai bentuk langkah aktif PLN mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik yang mendukung transisi energi bersih dalam serangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

"Tidak hanya memperlihatkan, kami juga ingin mengajak masyarakat mencoba sensasi kendaraan listrik yang memang berbeda dengan kendaraan BBM," Vice President Komunikasi Korporat PLN Gregorius Adi Triyanto di Jakarta, Kamis.

Gregorius menjelaskan pihaknya ingin memberikan pengalaman kepada masyarakat untuk mengendarai kendaraan listrik, sehingga awareness masyarakat terhadap kendaraan listrik semakin luas.

Ia menyampaikan cara pengunjung untuk mencoba kendaraan listrik secara gratis tersebut hanya perlu mendaftar melalui aplikasi PLN Mobile.

Langkah pertama adalah buka aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih menu Electric Vehicle, pilih sub menu Test Drive, pilih kendaraan yang mau dicoba, dan pilih Booking Test Drive.

Baca juga: Xiaomi bersiap ungkap prototipe mobil listrik pertama

Pengalaman berkendara kendaraan listrik tentu berbeda dengan kendaraan BBM. Selain minim suara, akselerasi kendaraan listrik juga lebih responsif dibandingkan kendaraan BBM.

"Dengan merasakan secara langsung kendaraan listrik, kami harap masyarakat semakin tertarik untuk beralih menggunakan kendaraan listrik,” ujar Gregorius.

Peserta test drive asal Denpasar, Bali, Bagus memberi respons positif setelah mengendarai mobil listrik.

Menurutnya, mobil listrik jauh lebih nyaman dibandingkan kendaraan yang menggunakan bahan bakar energi fosil. Selain itu, dari sisi fitur untuk menunjang berkendara yang disediakan pun lebih modern.

"Kalau kendaraan listrik pastinya lebih bagus dari segi kenyamanan juga mantap," kata Bagus.

Ia berharap kendaraan listrik semakin masif digunakan di Indonesia sehingga dapat mengurangi emisi yang dihasilkan kendaraan bermotor dan PLN terus mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

"Saya berharap ke depannya untuk di Indonesia lebih banyak lagi mobil-mobil seperti ini dan PLN selalu dukung," ucap Bagus.

Baca juga: Harga mobil listrik mini ini dibandrol Rp76 juta

Baca juga: Lamborghini investasi 1,8 miliar euro untuk model listrik sepenuhnya

Baca juga: Mercedes-Benz siap beralih ke kendaraan listrik