Pj Bupati Barsel sebut TMMD percepat pelaksanaan pembangunan daerah

id Pemkab barsel, pj bupati barsel lisda arriyana, buntok, tmmd, tni manunggal membangun desa, tentara, danau ganting, kodim 1012 buntok, barito selatan

Pj Bupati Barsel sebut TMMD percepat pelaksanaan pembangunan daerah

Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana saat memeriksa pasukan dalam kegiatan pembukaan TMMD ke 114, di Desa Danau Ganting, Selasa (26/7). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok (ANTARA) -
Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Lisda Arriyana mengatakan, tujuan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah.
 
"Tujuan dari TMMD mempercepat pembangunan daerah dengan sasaran pokok peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya saat membuka TMMD ke-114 di Desa Danau Ganting, Kecamatan Dusun Selatan, Selasa.
 
Untuk itu, diperlukan sinergi dan kemanunggalan yang kuat dari semua pihak yang terlibat yakni TNI, Polri, pemerintah daerah, pemerintah desa dan masyarakat desa.
 
Dikatakannya, sinergi itu sebagai wujud persatuan dan kesatuan bangsa serta melanggengkan budaya gotong royong yang menjadi budaya asli bangsa Indonesia.
 
"Melalui TMMD ini, penguatan persatuan dan kesatuan bangsa akan terjalin kedekatan dan harmonisasi relasi antar elemen dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," terangnya.

Baca juga: SMAN 1 Buntok targetkan tiga besar cerdas cermat tingkat provinsi
 
Dengan demikian lanjut dia, diharapkan persatuan dan kesatuan yang semakin erat akan mampu menjadi akar yang kokoh untuk bertahan di tengah arus problema kebangsaan yang semakin beragam.
 
Ia mengajak semua pihak yang terlibat senantiasa memberikan dukungan demi kelancaran pelaksanaan program serta bersedia bekerja sama maupun bergotong royong.
 
"Mari, sukseskan bersama kegiatan fisik dan non fisik yang akan dilaksanakan mulai 26 Juli 2022 hingga 24 Agustus 2022 mendatang," ucapnya.
 
Ia juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi rekan-rekan TNI, Polri, pemerintah desa dan masyarakat desa yang terjun langsung dalam kegiatan yang telah ditentukan ini.
 
Dengan terlaksananya program TMMD kata dia, tujuan programnya dapat tercapai dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Melalui program ini juga diharapkan desa-desa yang ada di Barito Selatan bisa maju, mandiri dan makmur.
 
"Optimalkan berbagai program lintas sektoral serta aktifkan peran masyarakat dalam membangun daerah untuk Barito Selatan yang semakin maju, dan sejahtera melalui kegiatan TMMD ini," kata dia.
 
Sementara itu Dandim 1012 Buntok, Letkol Hendro Wicaksono mengatakan, TMMD ini merupakan upaya membantu pemerintah daerah dan memajukan desa Danau Ganting ini dari sisi ekonomi. Kemudian memudahkan masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian dan perkebunan untuk dijual ke daerah lain.
 
Acara pembukaan tersebut dihadiri Sekda Edy Purwanto, Forkopimda dan sejumlah kepala SOPD di wilayah setempat.

Baca juga: DPRD dan TPAD Barsel mulai bahas pendapatan KUA PPAS 2023

Baca juga: Seorang balita di Barsel ditemukan tewas tenggelam di DAS Barito

Baca juga: ISSI Barsel diharapkan mampu memotivasi masyarakat berperilaku hidup sehat