BPJS Kesehatan Muara Teweh gelar senam dan skrining riwayat kesehatan

id bpjs kesehatan muara teweh,prolanis,skrining riwayat kesehatan,jkn-kis,puskesmas parangkampeng,barito utara,kalteng,pekan semangat

BPJS Kesehatan Muara Teweh gelar senam dan skrining riwayat kesehatan

BPJS Kesehatan Muara Teweh gelar senam prolanis bagi peserta JKN serentak (Pekan Semangat) di Puskesmas Parangkampeng, Kabupaten Barito Utara.ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

Muara Teweh (ANTARA) - BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh menggelar Pekan Senam Prolanis bagi Peserta JKN Serentak (Pekan Semangat) yang tersebar di 18 titik  pada empat kabupaten yaitu Kabupaten Barito Utara, Barito Selatan, Barito Timur dan Murung Raya sebagai rangkaian memperingati HUT ke-54 BPJS Kesehatan.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Syahrin Kamil di Muara Teweh, Selasa, mengatakan kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari Pekan Semangat yang dilaksanakan di 5.400 titik di seluruh Indonesia sekaligus menyabet rekor MURI sebagai pelaksanaan senam bagi peserta penyakit kronis dengan titik lokasi pelaksanaan terbanyak se-Indonesia.

Syahrin berharap dengan adanya senam prolanis, edukasi dan pemeriksaan kesehatan pada kegiatan tersebut dapat menjaga masyarakat tetap sehat melalui berbagai program promotif preventif sekaligus mengampanyekan mudahnya untuk hidup sehat.

“Berbagai penyakit katastropik tersebut sangat bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Melalui kegiatan senam ini, kami ingin mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya menjalankan hidup sehat. Dampak jangka panjangnya diharapkan bisa menekan jumlah penderita penyakit katastropik di Indonesia khususnya masyarakat di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito,” ungkapnya

Dalam kesempatan yang sama, Syahrin juga mengajak peserta JKN untuk melakukan skrining kesehatan sehingga peserta JKN dapat mengetahui potensi risiko penyakit kronis sedini mungkin dan FKTP juga dapat melakukan profiling penyakit peserta terdaftarnya sehingga dapat membantu dalam melakukan tata laksana penyakit sedini mungkin kepada peserta.

“Skrining riwayat kesehatan dapat dilakukan oleh peserta JKN-KIS yang berusia di atas 15 tahun sebagai upaya pencegahan (primary prevention) terhadap risiko kesehatan diri. Skrining dilakukan minimal sekali setiap tahun, dengan mengisi pertanyaan tentang riwayat kesehatan diri sendiri, keluarga dan pola konsumsi makanan,” terang Syahrin.

Baca juga: Hadiri peringatan hari jadi, Nadalsyah harapkan Mura semakin kreatif dan inovatif

Ia menambahkan kemudahan skrining riwayat kesehatan dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN pada fitur skrining riwayat kesehatan. Bagi peserta yang menggunakan layanan chat asisstant BPJS Kesehatan CHIKA di whatsapp, telegram dan facebook messenger pada nomor 08118750400, peserta bisa mengisi pada pilihan fitur skrining riwayat kesehatan.

Adanya kegiatan ini didukung penuh oleh FKTP salah satunya dari Puskesmas Parangkampeng yang berada di wilayah Kabupaten Barito Utara. PIC Prolanis Puskesmas Parangkampeng, Yulaikha menyebut bahwa kegiatan senam prolanis rutin dilaksanakan oleh Puskesmas Parangkampeng kepada peserta JKN yang tergabung ke dalam Prolanis.

“Harapannya, dengan adanya senam bagi peserta JKN yang tergabung ke dalam Prolanis dapat bermanfaat bagi penderita penyakit kronis untuk menjaga pola hidup sehat ditambah dengan edukasi dan pemeriksaan kesehatan, bertepatan dengan HUT BPJS Kesehatan ke-54 ini senam prolanis semakin ramai diikuti," kata Yulaikha.

Baca juga: BPJS Kesehatan dan RSUD Muara Teweh tingkatkan pelayanan obat kronis

Baca juga: Gerbang Utama IKN, Teras Narang minta pembangunan di Barut lebih digenjot

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2022