Permudah warga cetak data kependudukan, Palangka Raya operasikan tiga ADM

id Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Kalteng, Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin

Permudah warga cetak data kependudukan, Palangka Raya operasikan tiga ADM

Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Fairid Naparin (tengah) saat meresmikan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Kantor Kecamatan Jekan Raya. ANTARA/Rendhik Andika.

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, mengoperasikan tiga Anjungan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Mandiri (ADM), sebagai upaya mempermudah masyarakat dalam mencetak data kependudukan.

"Keberadaan ADM ditempatkan di tiga lokasi berbeda itu juga untuk dan mempercepat serta memperluas jangkauan layanan, sehingga masyarakat dapat semakin aktif mengurus data kependudukannya," kata Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin di Palangka Raya, Selasa.

Ketiga ADM tersebut berada di Kantor Kecamatan Jekan Raya, Kantor Kecamatan Pahandut dan Mall Pelayanan Publik (MPP) Huma Betang di lingkungan kantor Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jalan Yos Sudarso, Palangka Raya.

Diantara dokumen kependudukan yang dapat dicetak mandiri oleh masyarakat seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dan akta kelahiran.

Kepala daerah termuda di wilayah Provinsi Kalteng itu pun berharap keberadaan ADM di tiga lokasi itu semakin meningkatkan gairah masyarakat dalam mengurus berbagai jenis administrasi kependudukan (Adminduk) secara mandiri.

"Saat ini untuk mendaftar pengajuan administrasi kependudukan bisa melalui si-doi-dukcapilpalangkaraya.id. Apabila mendapat email yang berisi barcode, nantinya Adminduk yang diajukan bisa dicetak secara mandiri pada mesin ADM," katanya.

Baca juga: Dinkes: 85.825 warga Palangka Raya telah divaksin dosis penguat

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) "Kota Cantik" Edie menambahkan, dalam rangka mempermudah masyarakat mencetak dokumen kependudukan di mesin ADM, akan ada petugas yang siap melakukan pendampingan.

"Di setiap ADM ada petugas yang berjaga dan siap melakukan pendampingan. Penyebaran ADM di tiga lokasi yang menjadi pusat kegiatan masyarakat ini juga bertujuan untuk meminimalkan antrean pengurusan data kependudukan di Kantor Disdukcapil," kata Edie.

Dia mengatakan, dokumen kependudukan sangat penting dan menjadi syarat dasar dalam pengurusan pelayanan pemerintah. Misalnya untuk mendaftar anak sekolah, mendapat akses layanan kesehatan dan lain sebagainya.

"Sehingga dengan memiliki kelengkapan administrasi kependudukan, setiap warga akan dapat mengakses seluruh layanan yang diberikan pemerintah dengan lebih mudah," kata Edie.

Baca juga: Akademisi di Palangka Raya fasilitasi pengembangan 'website' panti asuhan

Baca juga: Basarnas Palangka Raya semakin gencar kenalkan SAR sejak dini

Baca juga: Palangka Raya tingkatkan pencatatan kependudukan melalui nikah massal