Wabup Bartim: FBNJ sarana mengenalkan seni dan budaya daerah

id Pemkab bartim, fbnj 2022, festival budaya nansarunai jajaka, tamiang layang, dayak maanyan, seni dan budaya, barito timur, disbudpar bartim, kalteng

Wabup Bartim: FBNJ sarana mengenalkan seni dan budaya daerah

Wabup Bartim Habib Said Abdul Saleh (ketiga kiri) membuka Festival Budaya Nansarunai Jajaka 2022 di Tamiang Layang, Sabtu (20/8) sore. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) -
Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh Al Qadri membuka secara resmi Festival Budaya Nansarunai Jajaka (FBNJ) 2022.
 
“FBNJ 2002 ini untuk mengenalkan budaya dan seni, khususnya yang ada di Kabupaten Barito Timur,” kata Habib usai membuka FBNJ 2022 di Tamiang Layang, Sabtu.
 
Menurutnya, seni dan budaya yang ada merupakan warisan leluhur bangsa dan perlu ditumbuhkembangkan kembali, agar generasi muda pada umumnya dapat mencintai dan mengagumi berbagai kesenian dan permainan rakyat.
 
Dia mengatakan, diharapkan semua pihak bisa membentengi generasi muda dari berbagai macam pengaruh budaya negatif.
 
“Membentenginya sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap budaya kita sendiri,” terangnya.

Baca juga: Damang Benua Lima meninggal, acara Adat Bontang batal digelar di Bartim
 
Habib Saleh juga menyampaikan, FBNJ 2002 merupakan salah satu ajang promosi pariwisata daerah. Pihaknya ingin kesenian dan permainan rakyat menjadi salah satu atraksi maupun daya tarik wisata yang pada saatnya nanti tidak saja disenangi wisatawan nusantara tetapi juga wisatawan mancanegara.
 
Sebagai perwakilan Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Habib Saleh mengajak semua pihak menyatukan langkah secara bersama-sama memajukan seni budaya daerah, sebagai bagian integral dari pembangunan nasional.
 
“Keberhasilan kita dalam mengembangkan seni budaya akan sangat ditentukan oleh kepedulian dan kebersamaan kita, baik dari unsur pemerintah, swasta, dunia usaha, maupun masyarakat secara keseluruhan,” ucapnya.
 
Dia juga mengapresiasi para peserta dari kecamatan serta semua pihak yang telah membantu, sehingga FBNJ 2022 terlaksana sesuai rencana dan waktu yang telah ditetapkan.

Baca juga: DPRD Kalteng berharap permasalahan batas Bartim dan Tabalong segera tuntas

Baca juga: Bupati Bartim: Maknai HUT RI dengan menghargai jasa pejuang kemerdekaan

Baca juga: Bupati Bartim ajak seluruh pemangku kepentingan selaraskan program pembangunan