Bupati Kapuas sebut KKN Kebangsaan banyak membantu masyarakat

id Bupati Kapuas sebut KKN Kebangsaan banyak membantu masyarakat, kalteng, kapuas

Bupati Kapuas sebut KKN Kebangsaan banyak membantu masyarakat

Bupati Kapuas, Ben Brahim S. Bahat, saat menyampaikan sambutan pada acara penutupan KKN Kebangsaan X dan KKN Bersama tahun 2022, yang di Stadion Mini Universitas Palangka Raya (UPR), kemarin. ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat, menilai bahwa mahasiswa dan mahasiswi yang selama satu bulan penuh telah melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) Kebangsaan di Kabupaten Kapuas, telah banyak membantu masyarakat setempat.

"Kami rasa program ini juga berhasil, karena para peserta dapat berbaur dengan masyarakat dan memberikan berbagai teknologi pengembangan atau inovasi dalam berbagai pengelolaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah penempatannya,” kata Bupati Ben Brahim S Bahat, di Kuala Kapuas, Minggu.

Hal itu diungkapkan oleh orang nomor satu di Kabupaten Kapuas, pada kegiatan penutupan KKN Kebangsaan X dan KKN Bersama tahun 2022 yang digelar Stadion Mini Universitas Palangka Raya (UPR).

Bupati Ben menyampaikan apresiasinya kepada mahasiswa/mahasiswi yang selama satu bulan penuh telah melaksanakan KKN Kebangsaan di Kabupaten Kapuas, tepatnya di 69 desa. Dengan terdapat sebanyak 690 peserta yang dibagi 10 orang per desanya melaksanakan program KKN di Kabupaten Kapuas.

Ben menyampaikan, bahwa dalam program yang menjadikan Kalteng, khususnya menunjuk Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau sebagai daerah penempatan bagi pelaksanaan program KKN ini, sangat tepat. Sebab, dampak dari bantuan dari peserta KKN tersebut saat ini telah cukup banyak mengubah cara pemasaran produk yang dimiliki oleh pelaku UMKM.

Baca juga: PBFI Kapuas kirim lima atlet ikuti Kejuaraan Walikota Cup

“Kita tadi sudah melihat ada salah seorang mahasiswa yang mengatakan telah bisa memasarkan produk-produk yang dibuat oleh UMKM desa setempat yang dapat dijual ke manapun, yaitu dengan cara memaksimalkan penggunaan handphone,” katanya.

Hal ini tentu harus didukung penuh sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para mahasiswa nantinya. Merekalah para calon penerus pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

“Sekali lagi kita bangga akan hal ini, pesan saya jagalah kebersamaan dan kebhinnekaan diantara kita untuk bangsa Indonesia yang kita cintai ini,” demikian Ben Brahim S Bahat.

Sementara itu, dalam kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Kepala Staf Kepresidenan RI Jendral TNI (Purn) Moeldoko, dengan disaksikan oleh seluruh mahasiswa/mahasiswi KKN Kebangsaan serta para tamu undangan.

 Baca juga: Anggota DPRD Kapuas terima penghargaan atas karya inovasi TTG

Baca juga: RSUD Kapuas gelar lomba tari senam kreasi enam langkah cuci tangan

Baca juga: Legislator Kapuas: HUT RI momentum bangkitkan rasa optimisme hadapi tantangan global