Pemprov Kalteng berikan bantuan 120 ribu benih udang kepada pokdakan

id Bantuan benih udang kumai, pokdakan kumai, benih udang, dislutkan kalteng, dinas kelautan dan perikanan kalteng, gubernu

Pemprov Kalteng berikan bantuan 120 ribu benih udang kepada pokdakan

Pokdakan Tambak Sungai Ratik Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Rabu, (28/9). ANTARA/HO-Dislutkan Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan bantuan sebanyak 120 ribu ekor benih udang windu kepada kelompok pembudi daya ikan (pokdakan) di Kabupaten Kotawaringin Barat.
 
"Ini sebagai bagian dari tindak lanjut instruksi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran agar bergerak cepat dalam menangani inflasi," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalteng Darliansjah di Palangka Raya, Kamis.
 
Pemberian bantuan benih udang ini menjadi salah satu langkah yang diambil pemerintah provinsi dalam pengendalian maupun mitigasi dampak inflasi, dengan mendukung ketersediaan pangan di sektor kelautan dan perikanan.
 
Dia menjelaskan, sebanyak 120 ribu ekor benih udang windu diserahkan oleh Kepala UPT Perikanan Budidaya Air Payau dan Laut (PBAPL) Kumai David Hariyanto kepada Ketua Pokdakan Tambak Sungai Ratik Kecamatan Kumai Ahmadi.
 
"Semoga bantuan yang diberikan ini dapat berguna dan bermanfaat, serta nantinya dapat mendukung para pembudi daya agar semakin berkembang," harapnya.

Baca juga: Pemprov dukung keberadaan APAVMI di Kalteng
 
Kepala UPT PBAPL Kumai David Hariyanto menambahkan, Pokdakan Tambak Sungai Ratik Kumai merupakan kelompok yang melakukan kegiatan budi daya dengan sistem polikultur, yaitu dalam satu tambak melakukan budi daya dengan beberapa jenis ikan.
 
"Pada Pokdakan ini, jenis ikan yang dibudidayakan secara polikultur adalah udang windu dan ikan bandeng," terangnya.
 
Dia menjabarkan, Pokdakan Tambak Sungai Ratik Kumai beranggotakan sepuluh orang pembudi daya ikan dan kelompok ini juga merupakan mitra dari UPT PBAPL Kumai.
 
"Mereka ini melakukan kegiatan budi daya dengan sistem polikultur dan jenis ikan yang dibudidayakan adalah udang windu dan ikan bandeng," kata David Hariyanto.
 
Sementara itu, Ketua Pokdakan Tambak Sungai Ratik Kumai Ahmadi saat menerima bantuan benih udang windu menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah atas dukungan yang telah diberikan.

Baca juga: Percepat penurunan stunting, TP PKK Kalteng berikan bantuan makanan tambahan

Baca juga: Pemprov Kalteng bersinergi bersama Pemkab Seruyan optimalkan pengendalian inflasi

Baca juga: Pemprov Kalteng-Ombudsman perkuat sinergi tingkatkan kualitas pembangunan