Legislator Gumas bangga kaum perempuan bisa bersaing pada pilkades

id kabupaten gunung mas, kalimantan tengah, elvi esie, kalteng, gunung mas, dprd gunung mas, dprd gumas, perempuan jadi kades di gunung mas

Legislator Gumas bangga kaum perempuan bisa bersaing pada pilkades

Legislator Kabupaten Gunung Mas, Elvi Esie (kiri) dan lainnya saat mengikuti rapat paripurna di Kuala Kurun, belum lama ini. ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Elvi Esie mengaku bangga dengan kiprah kaum perempuan yang bisa bersaing pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang I tahun 2022, yang dilaksanakan di 41 desa di wilayah setempat.

"Ada dua perempuan yang terpilih menjadi kepala desa di Pilkades Serentak Gelombang I tahun 2022. Ini membuktikan bahwa kaum perempuan bisa bersaing," ucapnya di Kuala Kurun, Senin.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini menilai, keberhasilan kaum perempuan untuk bersaing pada pelaksanaan pilkades menunjukkan kesetaraan gender tetap terjaga di Gunung Mas. Sebab, beberapa perempuan juga telah berhasil bersaing pada pada pelaksanaan pilkades sebelumnya.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu ini pun Diharap ke depan akan semakin banyak kaum perempuan yang berperan dan ambil bagian dalam pembangunan di Gunung Mas, baik dengan cara menjadi kades, badan permusyawaratan desa (BPD), dan lainnya.

"Kaum perempuan memiliki potensi yang sama baiknya dengan kaum laki-laki. Asalkan ada kemauan, kita kaum perempuan juga bisa berperan dan ambil bagian dalam pembangunan di berbagai bidang," kata Elvi.

Baca juga: Pemkab Gumas salurkan bantuan kepada korban kebakaran di Tumbang Empas

Dia pun mengucapkan selamat kepada seluruh kades terpilih yang telah dilantik. Diharap kades yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan tulus, penuh tanggung jawab, serta selalu berpedoman pada peraturan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gunung Mas, Yulius mengatakan dari 41 kades terpilih hasil Pilkades Serentak Gelombang I tahun 2022 telah dilantik pada Jumat (7/10) lalu.

"Dari 41 kades terpilih yang dilantik, 39 orang berjenis kelamin laki-laki dua dua orang perempuan. Dua orang kades perempuan yakni Kades Karason Raya Yerminae dan Kades Sare Rangan Inda Sariana," demikian Yulius.

Baca juga: Lantik 41 kades terpilih, Bupati Gumas ingatkan bekerja secara tulus

Baca juga: Sebanyak 112 unit RTLH di Gumas jadi sasaran program BSPS dan BPKRTLH