Sejumlah desa di Kecamatan Delang terdampak banjir

id Lamandau

Sejumlah desa di Kecamatan Delang terdampak banjir

Sebagian warga mengungsi ke dataran yang lebih tinggi dengan menggunakan tenda, Lamandau, (13/10). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Nanga Bulik (ANTARA) -
Camat Delang, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah Aacg Yudha mengatakan, karena intensitas hujan yang sangat tinggi mengakibatkan sejumlah desa di kecamatan setempat terdampak banjir.
 
"Setidaknya ada beberapa desa yang terdampak banjir, di antaranya Desa Sepoyu, Nyalang, Lopus, Landau Kantu dan Kelurahan Kudangan," kata Camat Delang Yudha saat dihubungi dari Nanga Bulik, kemarin.

Baca juga: Bupati Lamandau ajak masyarakat perkuat ketahanan pangan
 
Dia menjelaskan, akibat dari banjir tersebut beberapa akses transportasi darat lumpuh mengingat jalan yang tergenang air setinggi pinggang bahkan dada orang dewasa.
 
"Selain akses transportasi, beberapa fasilitas umum juga terdampak, seperti sekolah dan sebagian tempat ibadah yang mengakibatkan aktivitas terganggu," katanya.
 
Dirinya menambahkan dengan terjadinya banjir di beberapa desa ini setidaknya ada puluhan rumah yang terdampak sehingga masyarakat mengungsi ke dataran yang lebih tinggi bahkan ke rumah keluarganya.
 
"Oleh sebab itu diimbau agar masyarakat terdampak lebih waspada, mengingat curah hujan yang masih tinggi dan akan memungkinkan debit air semakin naik," terangnya.

Baca juga: Pemkab Lamandau gelar pasar murah tekan inflasi

Baca juga: PBSI Lamandau-Kobar bersinergi pacu pengembangan bulu tangkis di daerah

Baca juga: Bupati Lamandau: 'TNI adalah kita' menjadi spirit hadapi berbagai tantangan