Koperasi Desa Berong pamerkan kerajinan rotan di Festival Koperasi dan UMKM

id koperasi desa berong,koperasi produsen pakat sama,gunung purei,barito utara,kalteng,kerajinan anyaman rotan

Koperasi Desa Berong pamerkan kerajinan rotan di Festival Koperasi dan UMKM

Koperasi Produsen Pakat Sama Desa Berong Kecamatan Gunung Purei saat mengikuti Nusantara Koperasi dan UMKM 2022 di Gedung Exhibition Hall Smesco Jakarta, Rabu (7/12/2022).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Koperasi Produsen Pakat Sama Desa Berong, Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mengikuti Nusantara Koperasi dan UMKM 2022 di Gedung Exhibition Hall Smesco Jakarta, yang dibuka secara resmi oleh Deputi Perkoperasian Kemenkop dan UKM RI pada 7-9 Desember 2022.

“Koperasi Produsen Pakat Sama Desa Berong ini mendapat undangan secara khusus dari Kemenkop dan UKM RI untuk mengikuti kegiatan nasional tersebut, dengan menampilkan berbagai macam produk kerajinan berbahan dasar rotan Barito Utara, antara lain rambat, tas, topi dari berbagai jenis dan variasi serta ukuran," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara M Mastur di Muara Teweh, Jumat. 

Mastur juga berharap agar ajang nasional ini dapat dijadikan Koperasi Pakat Sama sebagai ajang promosi produk kerajinan berbahan dasar rotan Kabupaten Barito Utara. 

Kegiatan ini juga dapat memotivasi Koperasi dan UMKM perajin-perajin berbahan dasar rotan untuk lebih meningkatkan produktivitas, kreativitas, inovasi dan kualitas produknya serta mengikuti digital marketing sesuai perkembangan dan tuntutan pasar, sehingga produk koperasi dan UMKM tersebut dapat dipasarkan secara regional, nasional, bahkan ke sampai internasional.

"Saya atas nama pribadi dan Disnakertranskop UKM Kabupaten Barito Utara tidak lupa mengucapkan terima kasih dan penghargaan, terkhusus kepada bapak Bupati  Nadalsyah, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda Muhlis dan DPRD Barito Utara serta semua pihak atas dukungan, bantuan dan supportnya sehingga dapat mengikuti pergelaran nasional ini," kata Mastur.

Baca juga: Pemkab Barut serahkan benih pertanian dan ternak untuk tekan inflasi

Camat Gunung Purei Bambang Suprianto mengatakan  Nusantara Expo Kemenkop yang di ikuti koperasi Pakat Sama Desa Berong Kecamatan Gunung Purei ini merupakan perwakilan peserta yang diundang dari Provinsi Kalimantan Tengah. 

"Kegiatan Nusantara Expo itu dihadiri 34 provinsi se Indonesia. Koperasi Pakat Sama Desa Berong menampilkan produk anyam-anyaman berbahan baku rotan sebagai bahan pembuatan tas, rambat, tikar, bando, gelang dan dan lainnya, untuk mendapatkan peluang pasar domestik dan mancanegara juga peluang kredit dana bergulir. Koperasi Pakat Sama Desa Berong mendapat peluang untuk hal tersebut,” kata Bambang. 

Dalam kegiatan tersebut Koperasi Pakat Sama didampingi Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Setda Barito Utara Ajirni, Camat Gunung Purei Bambang Suprianto, perwakilan dari Disnakertrankop UKM dan Disperindag serta Kepala Desa Berong.

Baca juga: Pangdam minta TNI bantu Pemkab Barito Utara sejahterakan masyarakat

Baca juga: UMK Barito Utara tertinggi di Kalteng

Baca juga: Bupati Barut minta para camat dan kades selesaikan masalah tata batas