Pemkot gencarkan vaksinasi penguat kedua lansia-nakes di Palangka Raya

id dinkes palangka raya,andjar hari purnomo,palangka raya,kalimantan tengah

Pemkot gencarkan vaksinasi penguat kedua lansia-nakes di Palangka Raya

Lansia mengikuti vaksin di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah beberapa waktu lalu. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah terus menggencarkan vaksinasi COVID-19 dosis penguat kedua untuk orang lanjut usia dan tenaga kesehatan.

"Berdasar data yang dihimpun tim sampai kemarin, sudah ada 541 lansia dan 2.239 nakes yang mengikuti vaksinasi booster dosis kedua," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo di Palangka Raya, Rabu

Dia mengatakan, target vaksinasi untuk kelompok lansia 14.278 orang dan target tenaga kesehatan sebanyak 3.512 orang. Pada lansia, vaksinasi dosis pertama tercapai 10.285 orang, vaksin dosis kedua tercapai 9.447 orang dan vaksin penguat dosis pertama 5.663 orang.

Kemudian pada kategori tenaga kesehatan, vaksinasi dosis pertama tercapai 5.235 orang, dosis kedua 5.185 orang dan vaksinasi dosis penguat pertama tercapai 4.846 orang.

Pemberian vaksin penguat dosis kedua itu untuk meningkatkan perlindungan dan daya tahan tenaga kesehatan dan lansia dari ancaman penyebaran COVID-19.

Baca juga: Empat perwira di Polresta Palangka Raya bergeser

Dia mengatakan, jumlah tenaga kesehatan yang terbatas dan berhadapan langsung dengan pasien, termasuk warga terjangkit COVID-19 harus mendapat perlindungan tambahan.

Berdasar data Satgas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, Selasa(13/12), pada vaksinasi program, 238.765 warga "Kota Cantik" telah disuntik vaksin dosis pertama, 207.364 orang disuntik vaksin dosis kedua dan 87.882 orang telah menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis penguat atau "booster" pertama.

Vaksinasi program di Kota Palangka Raya ini terdiri dari tenaga SDM kesehatan, lansia, pelayanan publik, masyarakat umum, remaja dan anak-anak.

Sementara itu, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, mengajak warga di kota setempat turut menyukseskan program vaksinasi, terutama dosis ketiga atau dosis penguat.

"Vaksinasi merupakan upaya paling efektif untuk mencegah penyebaran COVID-19, atau minimal mengurangi risiko keparahan paparan virus corona. Untuk itu, warga yang telah masuk kriteria segera vaksinasi," katanya.

Meski saat ini pemerintah telah memberikan kelonggaran terkait aktivitas, masyarakat tetap diminta menerapkan pola hidup bersih dan sehat, mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi serta rajin berolahraga.

Baca juga: Kwarda Kalteng kirim 16 peserta ikuti KBN Nasional di Bengkulu