Legislator Gunung Mas ajak wisatawan berlibur ke Upon Batu

id Dprd gunung mas, elvi esie, pariwisata gunung mas, upon batu, puruk amai rawang, batu suli, wisata, gumas, gunung mas, kuala kurun

Legislator Gunung Mas ajak wisatawan berlibur ke Upon Batu

Dokumentasi - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Elvi Esie saat berlibur di Desa Upon Batu, Kecamatan Tewah, awal Desember 2022. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Elvi Esie mengajak wisatawan untuk memanfaatkan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di kabupaten setempat.

Salah satu tempat wisata di Gunung Mas yang direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Desa Upon Batu di Kecamatan Tewah, ucapnya saat dibincangi awak media di Kuala Kurun, Rabu.

“Di Upon Batu ada objek wisata alam Batu Suli. Selain itu ada juga objek wisata sejarah Puruk Amai Rawang, yang merupakan tempat tinggal tokoh Dayak zaman dulu yakni Tamanggung Amai Rawang,” sambungnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) ini menyebut, untuk menikmati keindahan Batu Suli, masyarakat bisa melihat langsung dari ruas jalan Kecamatan Tewah menuju Kecamatan Kahayan Hulu Utara.

Sedangkan untuk melihat Puruk Amai Rawang, masyarakat memang harus berjalan kaki. Namun kelelahan saat berjalan kaki akan terbayar lunas jika sudah sampai di atas puruk, karena ada berbagai sisa peninggalan dari Tamanggung Amai Rawang.

Baca juga: Wabup Gumas: Cegah stunting dengan memerhatikan gizi anak

Peninggalan yang dimaksud di sini di antaranya bekas Betang Tamanggung Amai Rawang, dengan sisa peninggalan berupa tiang atau tonggak penyangga betang, kuburan Tamanggung Amai Rawang beserta istri, dan lainnya.

Elvi bersama keluarga baru-baru ini mengunjungi Upon Batu. Dia menilai pemerintah daerah perlu meningkatkan penataan dan promosi terhadap Upon Batu, mengingat letaknya yang mudah dijangkau dan sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Dengan peningkatan penataan dan promosi, maka diharap Upon Batu semakin dikenal oleh masyarakat luas, dan mereka yang berkunjung akan merasa nyaman saat berada di sana.

“Dari kunjungan wisatawan itu saya harap dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk menangkap peluang usaha, seperti menyediakan cendera mata, usaha kuliner, dan lainnya,” demikian Elvi.

Baca juga: Ditemukan 48 kasus HIV/AIDS di Gunung Mas