Kakorlantas Polri menyiapkan jalur arus mudik Lebaran 2023

id arus mudik Lebaran 2023,Kakorlantas Polri, Firman Shantyabudi ,Kalteng

Kakorlantas Polri menyiapkan jalur arus mudik Lebaran 2023

Arsip foto - Sejumlah kendaraan pemudik antre melintasi Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (1/5/2022). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj/pri.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan institusinya mulai menyiapkan jalur arus mudik Lebaran/Idul Fitri 2023.

"Persiapan dilakukan untuk meminimalisir kendala yang mungkin terjadi saat musim mudik," kata Firman Shantyabudi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Hal tersebut disampaikan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi pada saat menggelar Rakor Anev Operasi Lilin 2022 dan Kesiapan Rakor Operasi Ketupat 2023, di Gedung NTMC Polri, Jakarta.

"Kesempatan ini juga momentum untuk korlantas dan direktorat lalu Llintas jajaran untuk mulai mempersiapkan secara awal persiapan pekerjaan fisik, kemudian perubahan-perubahan lay out jalan hingga penambahan lajur," kata Kakorlantas.

Firman juga mengatakan dalam waktu dekat, pihaknya dan stakeholder akan mulai melakukan peninjauan awal jalur arus mudik Idul Fitri 2023, khususnya jalur selatan.

"Waktu dekat, untuk tanggal 19 ini merencanakan sudah mulai survei lapangan, kami, Dirjen PUPR dan Dirjen Perhubungan Darat akan bergabung untuk melihat lokasi-lokasi khususnya di jalur selatan, yang pada Lebaran kemarin belum banyak diminati," kata Firman.

Menurut Firman, dengan adanya survei jalur arus mudik tersebut diharapkan dapat memberikan rekomendasi jalan alternatif untuk masyarakat yang akan melakukan arus mudik. Hal tersebut juga untuk mengurai kemacetan di jalan tol.

"Semoga di tahun ini kepadatan yang mungkin akan terjadi di jalur tol itu bisa kita pecah artinya banyak jalur alternatif yang bisa dinikmati oleh masyarakat pada saat arus mudik yang penting sesuai, aman dan nyaman," kata Kakorlantas itu pula.