Bupati Kotim berharap bisa menaikkan TPP ASN

id Bupati Kotim berharap bisa menaikkan TPP ASN, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Halikinnor, TPP pegawai, bupati Halikinnor

Bupati Kotim berharap bisa menaikkan TPP ASN

Bupati Halikinnor saat silaturahim dengan pegawai Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta BPBD di aula rumah jabatan bupati, Senin (13/2/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kotim

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor berharap anggaran pendapatan dan belanja (APBD) terus meningkat sehingga memungkinkan untuk menaikkan tambahan penghasilan pegawai (TPP) Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat. 

"Target kita tahun ini melunasi semua tunggakan TPP. Selanjutnya, siapa tahu di akhir masa jabatan kami tahun depan APBD naik lumayan sehingga kita bisa menaikkan TPP. Mohon doanya," ujar Halikinnor di Sampit, Senin. 

Pernyataan itu langsung disambut riuh tepuk tangan puluhan pegawai dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang hadir dalam silaturahim di aula rumah jabatan bupati.

Sebagai seorang yang pernah meniti karir sebagai ASN mulai dari bawah, Halikinnor merasakan betul perjuangan sebagai abdi negara. TPP sangat bermanfaat bagi ASN dalam membantu memenuhi kebutuhan keluarga. 

Pria yang pernah menjabat Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur ini memahami betul besarnya manfaat TPP bagi pegawai. Oleh karena itu, dia menjanjikan seluruh tunggakan TPP akan dilunasi tahun ini. 

Keinginannya menaikkan TPP ASN sebagai wujud keseriusan meningkatkan kesejahteraan para abdi negara. Namun tentu semua akan dilakukan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. 

Baca juga: Bupati Kotim berupaya pertahankan tenaga kontrak sesuai kebutuhan

"Untuk membayar TPP itu dalam satu bulan sekitar Rp15 miliar. Itu belum termasuk tenaga kesehatan seperti di rumah sakit dan puskesmas. Kita juga masih ada utang pembiayaan pembangunan sekitar Rp200 miliar. Makanya kita targetkan lunasi ini dulu, selanjutnya mudah-mudahan bisa meningkatkan TPP," timpalnya. 

Untuk mewujudkan itu, Halikinnor mengajak seluruh ASN terus bekerja keras sehingga pembangunan berjalan optimal, termasuk upaya bersama menggali potensi pendapatan asli daerah sehingga finansial daerah semakin kuat. 

Dia yakin, dengan kerja keras seluruh pegawai maka target yang telah ditetapkan bisa dicapai. Dengan begitu, rencana menaikkan TPP pada 2204 diharapkan bisa terwujud. 

"Dengan kesejahteraan yang terus ditingkatkan, tentu pemerintah daerah juga menuntut seluruh ASN untuk meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat. Kita harus bersama-sama bekerja keras dan selalu kompak," ujar Halikinnor. 

Secara khusus Halikinnor menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pegawai yang selama ini telah bekerja keras. Semua capaian yang diraih Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur selama ini merupakan hasil kerja keras bersama dengan dukungan semua pihak. 

"Apalah arti saya sebagai bupati kalau tanpa ada dukungan besar dari saudara-saudaraku seluruh pegawai. Saya sangat berterima kasih atas dukungan selama ini. Mari kita terus menjaga kekompakan dan bekerja keras sehingga pembangunan daerah kita semakin maju dan sejahtera," demikian Halikinnor. 

Baca juga: Pemkab Kotim lengkapi fasilitas pemadam kebakaran antisipasi karhutla

Baca juga: Balap motor disambut antusias, Bupati Kotim janji tuntaskan pembangunan sirkuit

Baca juga: DPRD Kotim sampaikan 636 usulan pembangunan aspirasi masyarakat