Tenaga kontrak Satpol PP Kapuas jalani uji kompetensi

id Tenaga kontrak Satpol PP Kapuas jalani uji kompetensi. Kalteng, satpol pp kapuas, Kapuas

Tenaga kontrak Satpol PP Kapuas jalani uji kompetensi

Sekretaris Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas, Teguh Yunianto, mengawasi jalannya uji kompetensi peserta tenaga kontrak Satpol PP dan Damkar setempat, Selasa (28/2/2023). ANTARA/HO-Satpol PP dan Damkar Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong  Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, memberikan uji kompetensi sumber daya manusia (SDM)  terhadap tenaga kontrak di instansi setempat.

“Uji kompetensi yang dilakukan terhadap tenaga kontrak Satpol PP dan Damkar ini, dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana tugas dan tanggung jawab  yang sudah ditanda tangani pada  surat perjanjian kerja,” kata Sekretaris Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas, Teguh Yunianto di sela mengawasi uji kompetensi, Selasa.

Menurutnya, uji kompetensi ini juga untuk mengetahui sejauh mana tugas dan fungsinya sebagai tenaga kontrak Satpol PP dan Damkar kabupaten setempat.

Adapun pertanyaan yang diberikan kepada para peserta dalam uji kompetensi ini yakni, seputar kegiatan, dasar hukum serta penyelesaiannya. Baik dalam kegiatan perlindungan masyarakat, penegakan Peraturan Bupati (Perbup), Peraturan Daerah (Perda) dan tugas tramtibumtranmas.

“Serta juga sejauh mana tugas dan fungsinya pemadam kebakaran,” terangnya.

Baca juga: DPRD Kapuas pejabat baru dilantik dapat meningkatkan kinerja SOPD

Dikatakannya, kegiatan uji kompetensi dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 27-28 Februari 2023, yang mana kegiatan dilaksanakan di Kantor Sat Pol PP dan Damkar setempat. 

Kemudian, sambungnya, adapun jumlah tenaga kontrak yang mengikuti uji kompetensi yang dilaksanakan ada sebanyak 72 orang tenaga kontrak Sat Pol PP dan 22 orang tenaga kontrak pemadam kebakaran.

“Uji kompetensi ini merupakan dasar untuk menjadi bahan evaluasi  pimpinan kedepannya, khususnya terkait tanggung jawab dan tugas tenaga kontrak,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Teguh ini menambahkan, mengharapkan kepada para peserta tenaga kontrak baik Satpol PP maupun petugas pemadam kebakaran, untuk dapat mengikuti ini dengan baik dan sungguh-sungguh.

“Kita harapan uji kompetensi ini disamping memberikan SDM mereka, juga dapat memberikan pemahaman bagi para peserta dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai petugas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas,” demikian Teguh.

Baca juga: Bupati Kapuas minta pejabat baru bekerja lebih optimal

Baca juga: DPRD minta pemkab perhatikan sarpras olahraga di Kapuas

Baca juga: Dukung kesiapan ikut Porprov, Komisi IV DPRD Kapuas bahas defisit anggaran