Legislator Kalteng minta listrik PLN segera dialirkan ke Sumber Barito

id DPRD Kalimantan Tengah, Siswandi, DPRD kalteng, Kalimantan Tengah, kalteng, listrik, kecamatan sumber barito tak ada listrik, kondisi listrik di kalte

Legislator Kalteng minta listrik PLN segera dialirkan ke Sumber Barito

Anggota DPRD Kalimantan Tengah Siswandi. ANTARA/HO-Dokumentasi Siswandi.

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Siswandi mengaku sedih dan prihatin dengan kondisi masyarakat di Kecamatan Sumber Barito, Kabupaten Murung, yang sampai saat ini belum menikmati aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Penerangan yang digunakan masyarakat di Kecamatan Sumber Barito pada malam hari hingga saat ini berupa listrik  tenaga Surya ataupun genset, kata Siswandi di gedung DPRD Kalteng, Selasa (7/3).

"Jadi, kami meminta pemerintah daerah bersama PLN segera mengaliri listrik ke Kecamatan Sumber Barito. Kasihan sampai sekarang belum menikmati listrik dari PLN," ucapnya.

Berdasarkan informasi yang diterima wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur dan Barito Selatan ini, belum adanya aliran listrik di Kecamatan Sumber Barito akibat ketiadaan jalan darat. Hal itu membuat PLN kesulitan mengaliri listrik ke kecamatan tersebut.

Jika memang itu penyebabnya, lanjut Siswandi, pemerintah provinsi bersama Kabupaten Murung Raya, harus bersinergi dan saling membantu membangun jalan darat ke Kecamatan Sumber Barito. Sebab, keberadaan jalan tersebut satu-satunya cara agar PLN dapat mengaliri listrik ke wilayah tersebut.

Baca juga: Pansus DPRD Kalteng susun program pembahasan Raperda RTRWP 2023-2043

"Kecamatan Sumber Barito ini sebenarnya sebenarnya salah satu kecamatan tertua di Murung Raya. Jadi, sudah sewajarnya untuk mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah," kata dia.

Menurut anggota Fraksi Demokrat DPRD Kalteng ini listrik dan jalan darat saat ini merupakan sarana penting untuk menunjang kegiatan masyarakat sehari-hari. Terutama membuat masyarakat dan daerah tersebut cepat maju dan berkembang setara dengan daerah lainnya di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito.

"Sekarang ini, jalan dan listrik merupakan dua hal yang juga sangat penting dalam membuka keterisolasian dan mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat," demikian Siswandi.

Baca juga: Legislator Kalteng dan Barut bantu korban kebakaran Mukut

Baca juga: Merasa terisolasi, Legislator Kalteng sebut warga Jenamas minta akses jalan baru

Baca juga: Legislator Kalteng minta pencegahan stunting dilakukan lintas OPD