Kantor Pelindo dan Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Kapuas di amuk 'Si Jago Merah'

id Kantor Pelindo terbakar,kapuas,Kalteng,Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Kapuas,Si Jago Merah,Kuala Kapuas

Kantor Pelindo dan Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Kapuas di amuk 'Si Jago Merah'

Garis polisi dipasang usai terjadi kebakaran yang menimpa bangunan Kantor Pelindo dan bangunan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV di Kabupaten Kapuas, Selasa (7/3/2023). ANTARA/HO-DPBD Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bangunan Kantor Pelindo dan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, terbakar pada Selasa.

“Kajadian berdasarkan laporan terjadi sekitar pukul 12.00 WIB dua unit Kantor Pelindo dan satu unit bangunan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, saat dihubungi di Kuala Kapuas.

Tiga unit bangunan yang terbakar tersebut, terletak di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat, Kota Kuala Kapuas, tepatnya di kawasan pelabuhan KP3.

Api begitu cepat membakar tiga bangunan tersebut, karena bangunan sebagai besar berkontruksi kayu, dan api dengan cepat menjalar ke bangunan kantor milik Pelindo dan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV tersebut.

Puluhan pemadam kebakaran gabungan diterjunkan ke lokasi kejadian berjibaku guna memadamkan api yang terus berkobar di siang hari tersebut. Api dapat dipadamkan setengah jam kemudian.

“Pemadaman dilakukan oleh tim gabungan TRC Kabupaten Kapuas, Damkar Satpol PP, Damkar Swasta, Relawan dan masyarakat sekitar. Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak Kepolisian,” katanya. 

Hasil pendataan yang didapat dari Tim di lokasi kejadian, lanjutnya, bahwa akibat dari kejadian ini 2 unit bangunan Kantor Pelindo yang terbakar mengalami rusak berat dan 1 unit Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV yang terbakar mengalami rusak ringan.

“Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa maupun luka-luka, dan kebakaran ini, masih dilakukan penyelidikan oleh pihak Kepolisian,” jelasnya.

Terkait kajadian kebakaran ini, Panahatan, mengingatkan serta mengimbau kepada masyarakat di daerah setempat, untuk tetap selalu waspada akan bahaya kebakaran terjadi, seperti untuk selalu mengecek kelistrikan yang ada di rumah, api kompor, obat nyamuk dan lain sebagainya.