GOR baru diharapkan jadi pemacu semangat berolahraga masyarakat Gumas

id GOR baru diharapkan jadi pemacu semangat berolahraga masyarakat Gumas, kalteng, gumas, Gunung mas

GOR baru diharapkan jadi pemacu semangat berolahraga masyarakat Gumas

Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing disambut pengurus PBSI kabupaten, saat membuka seleksi atlet bulu tangkis, di GOR GGS Kuala Kurun, Jumat (3/3/2023). ANTARA/Chandra

Kuala KurunĀ  (ANTARA) - Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing berharap semangat berolahraga masyarakat akan semakin meningkat, seiring dengan keberadaan gedung olahraga (GOR) bulu tangkis baru di Kuala Kurun.

GOR bulu tangkis baru yang dimaksud di sini adalah milik pelaku usaha lokal yakni GOR GGS, yang mulai beroperasi pada Februari 2023, ucapnya saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Kamis.

“Bulutangkis kalau main di luar (gedung) banyak angin, panas, dan hujan. Kalau main di GOR tidak terpengaruh angin, panas, atau hujan. Mau main pagi, siang, sore atau malam juga bisa, karena ada lampu,” sambungnya.

Sebelumnya di Kuala Kurun hanya ada satu GOR bulu tangkis, yang juga dimiliki oleh pelaku usaha lokal. Dengan bertambahnya GOR bulu tangkis, maka masyarakat memiliki pilihan jika ingin berolahraga bulu tangkis.

Lebih lanjut, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas mendukung dan menyambut baik kehadiran berbagai fasilitas olahraga, yang dimiliki dan dikelola oleh swasta dalam hal ini pelaku usaha lokal.

Baca juga: DPRD Gunung Mas dorong pelajar ikuti sekolah kedinasan

“Khusus di Kuala Kurun, yang dimiliki oleh pelaku usaha sudah ada GOR bulu tangkis dan futsal. Saya nilai GOR yang dimiliki pelaku usaha lokal cukup bagus, bahkan ada yang layak digunakan untuk event tingkat provinsi,” kata Efrensia.

Terpisah, Fungsional Analis Kebijakan di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Gunung Mas, Rusmandi Fernando mengatakan, saat ini ada sejumlah sarana dan prasarana keolahragaan di wilayah setempat.

Dia menyebut, khusus sarana dan prasarana keolahragaan yang dimiliki oleh pemerintah daerah antara lain lapangan voli, sepak bola, dan basket yang terletak di Jalan Cilik Riwut Kuala Kurun, serta tenis lapangan dan panjat tebing di Jalan Sudirman Kuala Kurun.

Sedangkan lapangan olahraga yang dikelola swasta antara lain GOR Futsal SBM, GOR Bulu tangkis GGS, dan GOR Bulu tangkis Cewi, ketiganya di Kuala Kurun. Ada juga satu GOR futsal dan satu GOR bulu tangkis di Kelurahan Tewah Kecamatan Tewah

“Sejumlah desa di Gunung Mas juga memiliki lapangan olahraga, seperti di Desa Tumbang Tariak Kecamatan Kurun,” demikian Fernando.

Baca juga: DPRD Gumas minta usulan warga harus direalisasikan secara bertahap

Baca juga: DPRD Gunung Mas tekankan pentingnya pengawasan dalam pembangunan

Baca juga: Legislator berharap semakin banyak gereja di Gumas miliki usaha