Indonesia pulang tanpa gelar di Swiss Open 2023 setelah Gregoria tersingkir

id Swiss open,Gregoria,badminton

Indonesia pulang tanpa gelar di Swiss Open 2023 setelah Gregoria tersingkir

Arsip-Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung berlatih di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Bulu Tangkis di PBSI Cipayung, Jakarta. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Jakarta (ANTARA) - Indonesia pulang tanpa gelar dalam BWF World Tour Super 300 Swiss Open 2023 setelah satu-satunya wakil yang tersisa yakni tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung tersingkir di semifinal.

Pada pertandingan di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, Minggu dini hari WIB, pebulu tangkis 23 tahun itu menyerah dari unggulan keenam asal Thailand Pornpawee Chochuwong dengan skor 21-18, 13-21, 17-21.

Gregoria sebenarnya start baik pada babak empat besar ini. Dia langsung tancap gas dengan unggul lebih dulu pada gim pertama.

Sayang, pada gim kedua permainannya mengendur. Sehingga lawan dapat leluasa melakukan serangan. Kondisi serupa juga terjadi pada gim penentu hingga akhirnya Gregoria kalah di tangan Chochuwong.

Baca juga: Apriyani/Fadia mundur dalam laga semifinal Swiss Open 2023

Kekalahan tersebut sekaligus memupus harapan wakil Merah Putih membawa gelar juara dari Swiss. Pada fase semifinal, Indonesia memiliki dua wakil. Selain Gregoria, ada juga ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Sayang, pasangan yang berstatus sebagai unggulan kedua itu juga gagal ke final setelah Apriyani mengalami cedera bahu kanan ketika berhadapan melawan asal Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota yang berakhir dengan skor 17-21, 10r-16.

Secara umum, hasil di Swiss Open 2023 juga tidak lebih baik dari pencapaian musim lalu ketika skuad Merah Putih berhasil membawa pulang dua gelar juara masing-masing melalui tunggal putra Jonatan Christie dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Kala itu, Jonatan menjadi juara setelah mengalahkan tunggal putra India Prannoy H.S pada final dengan skor 21-12, 21-18. Sementara Fajar/Rian memupuskan harapan ganda putra Malaysia Goh Sze Fei/Nur Izzuddin dengan skor 21-18, 21-19.

Baca juga: Rinov fokus pemulihan usai mundur bersama Phita di Swiss Open 2023

Adapun pada Swiss Open 2023, pada final sektor tunggal putri akan mempertemukan Chochuwong dengan wakil Denmark Mia Blichfeldt yang sebelumnya mengalahkan Beiwen Zhang asal Amerika Serikat (AS) dengan skor 19-21, 21-19, 21-18.

Pada sektor tunggal putra ada Chou Tien-chen asal Taiwan yang berhadapan dengan pebulu tangkis asal Jepang Koki Watanabe.

Lalu pada sektor ganda putra Ren Xiangyu/Tan Qiang berhadapan dengan wakil India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Pada sektor ganda putri Jepang dipastikan meraih gelar usai dua wakil saling berhadapan yakni Fukushima/Hirota melawan Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto.

Sedangkan ganda campuran akan mempertandingkan laga final antara pasangan Malaysia Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai yang berstatus unggulan keenam melawan wakil China Jiang Zhenbang/Wei Yaxin.