Agustiar Sabran apresiasi kinerja Polda jaga kamtibmas Kalteng

id DPR RI,Palangka Raya,Kalteng,Agustiar Sabran ,Polda Kalteng,Karhutla,Banjir,Kapuas

Agustiar Sabran apresiasi kinerja Polda jaga kamtibmas Kalteng

Anggota DPR RI dapil Kalteng Agustiar Sabran. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Kalteng Agustiar Sabran mengapresiasi kinerja Polda Kalteng yang selama ini terbilang sukses menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas) di provinsi setempat.

"Kinerja Polda Kalteng selama dipimpin Irjen Pol Nanang Avianto sangat baik selain kamtibmas terjaga dengan baik, tindak kejahatan yang menonjol juga jarang terjadi di wilayah hukumnya," kata Agustiar Sabran saat dihubungi di Palangka Raya, Minggu.

Dia menuturkan, selain kamtibmas dan tindak kriminal yang menonjol dapat ditekan pihaknya juga terbilang sukses dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan(karhutla) yang beberapa tahun ini tidak terjadi di provinsi setempat.

Meskipun karhutla sempat terjadi di beberapa kabupaten, namun kejadian tersebut tidak terlalu besar dan dapat diantisipasi pihak kepolisian dan pemkab serta masyarakat yang berada di sekitar.

"Maklumat bapak Kapolda Kalteng terkait karhutla sangatlah membantu mencegah terjadinya karhutla yang dilakukan oleh oknum masyarakat dan perusahan yang disengaja. Buktinya tahun ini daerah kita bebas dari bencana karhutla," katanya sembari mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto ke-54.

Kakak kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran itu menegaskan, hal tersebut dapat dilakukan tentunya berkat berkolaborasinya sejumlah stakeholder baik itu TNI-Polri, pemprov dan masyarakat.

Dengan berkolaborasi yang sudah dilakukan selama ini, tentunya hal-hal yang dapat merugikan daerah tidak akan terjadi. Meskipun karhutla terjadi, hal tersebut dapat segera diantisipasi bersama.

"Insya Allah tahun ini karhutla bisa ditangani, apalagi pemprov, Korem 102 Panju Panjung, Polda Kalteng dan sejumlah stakeholder lainnya sudah melakukan pelatihan dan melakukan mitigasi mana saja bencana yang harus diantisipasi," ucapnya.

Ditambahkan Agustiar, saat ini juga Pemprov Kalteng bersama sejumlah instansi lainnya juga melakukan kepedulian dengan cara memberikan bantuan penanganan dampak banjir yang terjadi di Kabupaten Kapuas.

"Semoga saja musibah banjir yang terjadi di Kabupaten Kapuas segera surut, sehingga aktivitas masyarakat di daerah setempat bisa kembali normal seperti sedia kala," kata Agustiar Sabran.