Apple akan hadirkan toko ritel resmi pertama di India

id Apple ,toko ritel resmi,iphone,india

Apple akan hadirkan toko ritel resmi pertama di India

Arsip foto - Siluet seseorang dengan latar logo Apple Store di Grand Central Terminal di kawasan Manhattan, Kota New York, New York, Amerika Serikat, Selasa (4/1/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Carlo Allegri/aww/aa.

Jakarta (ANTARA) - Apple Inc akan membuka toko ritel resmi pertama mereka di pusat keuangan India di Mumbai, kata perusahaan sebagaimana disiarkan oleh Reuters pada Kamis.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino California itu meluncurkan toko ritel online di India pada tahun 2020. Kemudian, toko ritel offline di negara tersebut sempat direncanakan akan dibuka pada tahun 2021, namun, tertunda karena pandemi COVID-19.

India adalah pasar ponsel pintar terbesar kedua di dunia, dengan total pengguna hampir mencapai 700 juta orang.

Asosiasi Seluler dan Elektronik India mencatat bahwa pada periode April 2022 hingga Februari tahun ini, total ponsel senilai 9 miliar dolar AS atau sekitar Rp134,7 triliun telah diekspor dari India.

iPhone menyumbang lebih dari 50 persen ekspor ponsel dari India, kata asosiasi tersebut.

Produk Apple telah dijual di India selama bertahun-tahun melalui platform e-commerce seperti Amazon.com dan Flipkart Walmart serta para pengecer.

Beberapa produk dalam katalog Apple, termasuk iPhone, juga dirakit di India oleh Foxconn dan Wistron Corp. Selain itu, Apple juga berencana merakit iPad dan AirPods di India.

Baca juga: Apple akan tingkatkan fitur AirPods untuk bantu pendengaran

Baca juga: Apple didenda sebesar Rp184 miliar karena langgar UU antimonopoli

Baca juga: GM berencana hapus Apple CarPlay dan Android Auto di kendaraan listrik