Wabup Kapuas serahkan bantuan logistik banjir untuk 5.424 keluarga

id 5.424 Kepala Keluarga, kalteng, kapuas, banjir

Wabup Kapuas serahkan bantuan logistik banjir untuk 5.424 keluarga

Wakil Bupati Kapuas, Muhammad Nafiah Ibnor, secara simbolis menyalurkan bantuan logistik banjir untuk dua kecamatan setempat, di Posko Tanggap Darurat Bencana Banjir di Kecamatan Kapuas Tengah, Kamis (6/4/2023). ANTARA/HO-BPBD Kapuas

Kuala KapuasĀ  (ANTARA) - Wakil Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Muhammad Nafiah Ibnor, telah menyerahkan secara simbolis bantuan logistik kepada 5.424 kepala keluarga (KK) korban terdampak bencana banjir di Kecamatan Kapuas Tengah dan Kecamatan Timpah.

"Bantuan sudah kami serahkan kemarin, sebagai bentuk perhatian dari Pemerintah Kabupaten Kapuas untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana banjir," kata Nafiah saat penyerahan bantuan, Kamis.

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh orang nomor dua di kabupaten setempat saat itu, didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, kepala organisasi perangkat daerah terkait, TNI dan Polri di Posko Tanggap Darurat Bencana Banjir di Kecamatan Kapuas Tengah.

Dikatakannya, sebelumnya juga telah dikirim bantuan yang bekerjasama dengan TNI/Polri, Satpol PP dan para tokoh dan pemerintah daerah untuk terjun menanggulangi bencana banjir di wilayah setempat, sehingga meringankan musibah yang dirasakan oleh 5.424 KK/ 16.508 jiwa yang terkena dampak dari 16 desa di 2 kecamatan tersebut.

Baca juga: Pemprov tindaklanjuti surat Mendagri terkait penunjukan Wabup sebagai Pelaksana Tugas Bupati Kapuas

"Mudah-mudahan untuk sementara tertanggulangi yang terdampak musibah ini, tentunya kita prihatin atas musibah ini dan kami berdoa mudah-mudahan beberapa hari ke depan tidak turun lagi hujan sehingga airnya segera surut," harapnya.

Pemerintah kabupaten setempat, juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang disalurkan oleh BNPB pusat untuk digunakan oleh BPBD Kabupaten Kapuas. Bantuan dana siap pakai sebesar Rp250 juta untuk dukungan operasional penanganan darurat banjir di daerah setempat, serta bantuan logistik sembako sebanyak 1.000 paket, selimut sebanyak 5.000 lembar dan matras sebanyak 5.000 lembar untuk dukungan penanganan darurat bencana banjir di daerah setempat.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan bantuan yang disalurkan untuk korban terdampak bencana banjir di 9 desa di Kecamatan Kapuas Tengah dan 7 desa di Kecamatan Timpah berupa Beras 54.240 Kg, Mie Instan 5.424 Dus, Kopi 5.424 Bungkus, Minyak Goreng 10.848 Botol/Liter.

"Lalu, teh 10.848 Kotak, Kecap 10.848 Botol, Susu Kental Manis 5.424 Kaleng, Sarden 10.848 Kaleng dan Gula Pasir 5.424 Kg," demikian Panahatan Sinaga.

Baca juga: Pengurus Partai Demokrat datangi PN Kapuas minta perlindungan hukum

Baca juga: BPBD: Tinggi banjir Kapuas di dua kecamatan masih meningkat

Baca juga: DPRD Kapuas minta penyaluran bantuan banjir tepat sasaran