2.834 KPM di Gunung Mas terima bantuan cadangan pangan

id 2.834 KPM di Gunung Mas terima bantuan cadangan pangan, kalteng, gumas, Gunung mas

2.834 KPM di Gunung Mas terima bantuan cadangan pangan

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong melepas truk pengangkut cadangan beras pemerintah di Kuala Kurun, Selasa (11/4/2023). Rencananya truk pengangkut akan mengangkut cadangan beras bagi KPM di sejumlah kecamatan. ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Sebanyak 2.834 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, menerima bantuan cadangan pangan dari pemerintah.

Bantuan tersebut diharap dapat menekan inflasi dan menstabilkan harga di pasar, kata Bupati Gunung Mas Jaya S Monong, usai melepas truk pengangkut cadangan beras pemerintah, di Kuala Kurun, Selasa.

“Menjelang Lebaran biasanya harga-harga cenderung mengalami kenaikan. Harapan saya, dengan dilaksanakan penyaluran cadangan pangan ini, maka harga-harga di Gunung Mas bisa stabil,” sambungnya.

Secara keseluruhan ada 2.834 KPM di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ yang menerima bantuan cadangan pangan. Namun penyaluran kali ini ditujukan bagi 992 KPM yang tersebar di empat kecamatan.

Adapun rinciannya 527 KPM di Kecamatan Tewah, 289 KPM di Kahayan Hulu Utara 289 KPM, 66 KPM di Damang Batu, dan 110 KPM di Miri Manasa. Untuk penyaluran kepada KPM lainnya akan segera dilakukan.

Baca juga: Pemkab apresiasi BPJS Kesehatan Gunung Mas berikan pelayanan saat libur Lebaran

“Bantuan cadangan pangan ini adalah bentuk kepedulian serta perhatian dari pemerintah kepada masyarakat,” kata orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Gunung Mas, Eigh Manto menyampaikan, penyaluran bantuan cadangan pangan dilakukan selama tiga bulan, di mana setiap bulan per KPM menerima 10 kilogram beras.

Penyaluran kali ini adalah untuk Maret 2023, dan akan berlanjut untuk April serta Mei 2023. Kegiatan ini melibatkan DPKP dan Dinas Sosial Gunung Mas, Badan Urusan Logistik (Bulog), dan Kantor Pos.

Lainnya, Kepala Gudang Bulog Kuala Kurun, Koko Budi Harjo menyampaikan bahwa dalam penyaluran ini merupakan penyaluran perdana di Gunung Mas untuk 2023 ini.

“Tidak semua bantuan disalurkan dari Gudang Bulog Kuala Kurun. Nanti ada juga dari Gudang Bulog daerah lain, menyesuaikan dengan wilayah terdekat,” demikian Koko Budi Harjo.

Baca juga: Sejumlah BMD Gunung Mas di SMPN 1 Kurun dimusnahkan

Baca juga: Dinkes Gunung Mas imbau masyarakat lakukan 3M plus berantas DBD

Baca juga: Polres Gumas kerahkan 200 personel amankan rangkaian Paskah