Diskan Seruyan berikan 10 ribu bibit ikan patin ke nelayan budi daya

id Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Dinas Perikanan Seruyan, Diskan Seruyan, Seruyan, kalteng

Diskan Seruyan berikan 10 ribu bibit ikan patin ke nelayan budi daya

Kepala Dinas Perikanan Seruyan Abu Hasan (tengah menggunakan topi) saat menyerahkan 10 ribu bibit ikan Patin di Desa Sungai Undang, (28/4/2023).ANTARA/HO-Prokom Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah melalui Dinas Perikanan (Diskan) setempat terus berupaya meningkatkan sektor perikanan, salah satunya dengan cara memberikan bibit ikan kepada nelayan budi daya.

Langkah yang telah dilakukan adalah menyerahkan 10 ribu bibit ikan patin kepada kelompok nelayan budi daya di Desa Sungai Undang, kata Kepala Dinas Perikanan Seruyan Abu Hasan di Kuala Pembuang, Minggu.

"Itu sebagai upaya hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan sektor perikanan di Seruyan," tambahnya.

Dikatakan, bantuan bibit ikan ini pihaknya serahkan kepada nelayan budi daya agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan, karena untuk seperti yang diketahui bersama bahwa di Seruyan merupakan salah satu tempat yang memiliki potensi perikanan yang sangat besar, baik itu perikanan sungai maupun hasil laut.

"Melihat potensi itu, pihaknya memberikan bantuan kepada kelompok nelayan di Desa Sungai Undang untuk memudahkan nelayan dalam mengembangkannya," ucapnya Abu Hasan.

Dirinya pun mengharapkan bantuan bibit ikan ini bisa memberikan dampak yang positif bagi sektor perikanan di Bumi Gawi Hantantiring ini. Selain itu, nelayan juga harus benar-benar serius dalam mengelola budi daya perikanan tersebut, agar apa yang telah dibantu pemerintah bisa bermanfaat dengan maksimal.

Baca juga: Pemkab Seruyan berupaya melengkapi sarana dan prasarana sentra IKM

"Kami berharap nelayan bisa serius dalam mengelola budi daya perikanan tersebut, hal ini tentunya untuk nelayan juga jika hasilnya besar nelayan yang akan untung, makanya kita minta agar bisa dimaksimalkan," beber dia.

Dia menambahkan, untuk memaksimalkan pengelolaan tersebut dirinya meminta kepada penyuluh perikanan agar bisa membantu nelayan dalam mengelola perikanan budi daya, karena memang yang bersentuhan langsung kepada nelayan itu adalah penyuluh. Maka dari itu pihaknya meminta kepada masyarakat agar memaksimalkan hal tersebut.

"Kita minta juga masyarakat khususnya nelayan, aktif menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi kepada penyuluh, sehingga bisa diatasi secara cepat dan tepat," demikian Abu Hasan.

Baca juga: Sekda Seruyan harapkan ASN tingkatkan kedisiplinan dan pelayanan

Baca juga: Diskoperindag Seruyan lakukan tes fungsi peralatan di sentra IKM

Baca juga: Wabup Seruyan imbau masyarakat beli produk lokal