Bulog: Program beras subsidi Pemprov Kalteng berdampak signifikan kendalikan inflasi

id Pemprov kalteng, bulog kalteng, dishanpang kalteng, gubernur kalteng sugianto sabran, riza rahmadi, kalteng, kalimantan tengah, sampit, palangkaraya

Bulog: Program beras subsidi Pemprov Kalteng berdampak signifikan kendalikan inflasi

Dishanpang Kalteng dan Bulog melaksanakan rapat koordinasi penyaluran beras subsidi dan pengendalian inflasi di Palangka Raya, Selasa (2/5/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Perum Bulog Kanwil Kalimantan Tengah menilai program beras subsidi yang dilakukan pemerintah provinsi setempat memberikan dampak signifikan dalam upaya pengendalian inflasi hingga saat ini.



Pimpinan Perum Bulog Kanwil Kalimantan Tengah Budi Cahyanto di Palangka Raya, Selasa, mengatakan pelaksanaan program ini cukup efektif sebagai pengendali harga karena menyediakan beras bagi masyarakat dengan harga lebih terjangkau.



"Karena masyarakat yang seharusnya ke pasar membeli beras, akhirnya tidak perlu melakukannya karena adanya beras subsidi. Artinya permintaan pasti turun, sehingga akan mampu menurunkan harga," jelasnya.



Untuk itu Bulog sebagai mitra Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah khususnya dalam pelaksanaan dan pendistribusian beras subsidi ini terus menyalurkan beras subsidi kepada masyarakat secara rutin ke berbagai daerah.



Penyaluran beras subsidi Pemprov Kalteng selain dilakukan di kota sampel inflasi seperti Palangka Raya dan Sampit, juga menyasar berbagai daerah yaitu Kapuas, Sukamara serta lainnya.



"Rata-rata dalam satu bulannya beras subsidi ini kami distribusikan kepada masyarakat sekitar 400 ton. Beras subdisi ini terdiri dari beras jenis pera (karau) seharga Rp50.000 per lima kilogram dan pulen Rp47.500 per lima kilogram," jelasnya.



Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalteng Riza Rahmadi mengatakan melalui program subsidi beras yang digagas Gubernur Sugianto Sabran ini, pemerintah provinsi berupaya menyediakan akses beras yang terjangkau bagi masyarakat.



"Gubernur ingin pemerintah daerah dapat benar-benar hadir di tengah masyarakat, salah satunya melalui penyediaan beras murah ini, sehingga daya beli masyarakat tetap terjaga dan terbantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya," jelasnya.



Bahkan menurutnya, pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Bulog wilayah setempat, telah berkoordinasi dengan pihaknya dan Bulog Kalimantan Tengah untuk dapat mengikuti atau mengadopsi program yang pihaknya jalankan tersebut.



Adapun berdasarkan data terbaru yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat inflasi di Kalimantan Tengah kian terkendali dan mengalami penurunan jika dibanding sebelumnya.



"Untuk inflasi Kalteng month to month pada April 2023 adalah 0,23 menurun jika dibanding Maret 2023 yaitu 0,51. Sedangkan inflasi year to year April 2023 yaitu 4,85, menurun dibanding Maret 2023 yaitu 5,93," terang Riza.