Pasang target realistis, Golkar optimistis raih 10 kursi DPRD Kotim

id Pasang target realistis, Golkar optimistis raih 10 kursi DPRD Kotim, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, KPU kotim, pemilu legislatif, zam'an

Pasang target realistis, Golkar optimistis raih 10 kursi DPRD Kotim

Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih menyerahkan berita acara pemeriksaan berkas pengajuan daftar bacaleg DPRD Kotawaringin Timur dari Partai Golkar, Minggu (14/5/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Partai Golkar menyatakan sudah sangat siap menghadapi Pemilu Legislatif 2024 dan optimistis meraih 10 kursi DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. 

"Target realistis 10 kursi. Tapi kalau bisa lebih. Target masing-masing daerah pemilihan dua kursi di lima daerah pemilihan, jadi total 10 kursi. Saat ini ada enam kursi. Enam legislator incumbent itu juga kembali maju," kata Ketua DPD Partai Golkar Kotawaringin Timur, Zam'an di Sampit, Minggu malam. 

Sebelum datang ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Timur, Partai Golkar menggelar shalat hajat dan doa bersama di kantor mereka. Kegiatan ini sebagai upaya meminta restu Sang Pencipta agar langkah politik yang dijalankan diberkahi sehingga memperoleh kemenangan. 

Saat tiba di kantor KPU, rombongan pengurus Golkar disambut hangat seluruh komisioner KPU dan Bawaslu. Hanya sekitar 30 menit, pemeriksaan berkas partai ini selesai dan dinyatakan lengkap sehingga dilanjutkan pada tahapan selanjutnya. 

Golkar mengajukan daftar bakal calon anggota legislatif dengan jumlah maksimal yaitu 40 orang bacaleg. Dari jumlah tersebut, syarat keterwakilan perempuan sebesar 30 persen juga terpenuhi. 

Zam'an yang didampingi Sekretaris DPD Partai Golkar Kotawaringin Timur Joni Abdi menjelaskan, bacaleg yang didaftarkan melalui Silon diberikan kesempatan untuk melakukan kerja-kerja politik. 

Baca juga: Disdik Kotim dan OFI bersinergi kampanye pelestarian orang utan dan lingkungan

Nomor urut tidak menjadi jaminan bagi seluruh bacaleg, karena akan dilakukan monitoring dan evaluasi oleh Tim Sinkronisasi Partai Golkar Kotim. 

"Nomor urut bisa diubah apabila bacaleg tidak melaksanakan tugas-tugas kepartaian. Bukan hanya penggantian nomor urut, bahkan bisa penggantian bacaleg," jelas Zam'an. 

Bagi Partai Golkar, Pemilu 2024 harus menjadi momentum bagi seluruh komponen anak bangsa, khususnya  Kabupaten Kotawaringin Timur sebagai ajang untuk melakukan konsolidasi total dengan melakukan kaji ulang atas pencapaian yang telah dilakukan negara dari hasil pemilu periode yang lalu. 

Oleh sebab itu Pemilu 2024 harus betul-betul menjadi arena untuk lahirnya gagasan perubahan dan pembangunan bagi daerah serta memberikan amanat kepada anak bangsa yang memiliki rekam jejak, kompetensi, integritas, komitmen dan gagasan perubahan untuk bersama-sama masyarakat membawa Kotawaringin Timur yang lebih sejahtera sesuai dengan cita-cita Proklamasi dan UUD 1945.

Dengan niat yang mulia tersebut, DPD Partai Golkar Kotawaringin Timur sebagai peserta pemilu yang sah tahun 2024, setelah melalui proses panjang pada tingkat internal partai, tahapan pemilu, peraturan perundang-undangan dan memperhatikan aspirasi serta harapan masyarakat Kotawaringin Timur untuk itu DPD Partai Golkar Kabupaten Kotawaringin Timur berikhtiar secara maksimal sebagai peserta Pemilu 2024.

Zam'an menambahkan, Golkar Kotawaringin Timur melalui Tim Sinkronisasi DPD Partai Golkar Kotim telah merekomendasikan kader terbaik dan telah ditetapkan oleh DPP Partai Golkar melalui Surat Persetujuan Nomor B-961/GOLKAR/V/2023 tertanggal 12 Mei 2023.  

Baca juga: Peringatan Hardiknas di Kotim disertai kampanye penyelamatan lingkungan

Sesuai dengan semangat Partai Golkar dengan Paradigma Baru dan Doktrin Perjuangan Partai Golkar Karya dan kekaryaan, DPD Partai Golkar Kotim menghadirkan caleg dengan kualifikasi terbaik dengan formasi penuh 100 persen berjumlah 40 caleg terdiri dari caleg laki-laki 65 persen dan caleg perempuan 35 persen. 

"Bahkan untuk dapil 4 didominasi oleh bacaleg perempuan dengan persentase 60 persen," timpal Zam'an. 

Ditegaskannya, caleg Partai Golkar Kotawaringin Timur merupakan representasi dari seluruh potensi yang dimiliki kabupaten ini dengan latar belakang agama, etnik dan profesi yang beragam. Ini adalah semangat untuk mengikat Kotawaringin Timur sebagai daerah terbuka untuk semua. 

Golkar Kotim memiliki semangat menang secara demokratis dan terhormat dengan target 10 Kursi di DPRD Kotim. Dengan jumlah tersebut akan dapat secara maksimal memberikan Kontribusi bagi perubahan dan pembangunan Kotim ke depan.

"Golkar Kotim telah menentukan arah dan strategi pemenangan yang terkonsolidasi dalam tim pemenangan yang akan bekerja secara tertarget, terukur dan sistematis. Kader Golkar akan menyapa dan berkolaborasi dengan masyarakat guna memenangkan dan menghadirkan pemilu yang berkualitas," ujar Zam'an. 

Golkar Kotim mendorong semua elemen masyarakat untuk dapat  berpartisipasi menghadirkan Pemilu 2024 yang lebih berkualitas, damai, demokratis dan sehat. Ini sangat penting guna mendapatkan para pemimpin daerah yang akan menentukan arah perubahan dan pembangunan Kotawaringin Timur yang lebih baik.

Baca juga: Pemkab Kotim upayakan peningkatan bantuan rumah ibadah

Baca juga: Bupati Kotim sebut Merdeka Belajar bawa perubahan positif

Baca juga: KPU Kotim kembalikan berkas pengajuan bacaleg Gerindra