Pemkab Sukamara benahi jalan di wilayah perkotaan

id pemkab sukamara, dpupr sukamara, muhammad rizali, perbaikan jalan kota sukamara, sukamara, desa karta mulia

Pemkab Sukamara benahi jalan di wilayah perkotaan

Kadis PUPR Sukamara Muhammad Rizali. (Kadis pupr sukamara)

Sukamara (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukamara, Kalimantan Tengah Muhammad Rizali mengatakan, salah satu pembangunan di bidang infrastruktur yang pemerintah kabupaten lakukan adalah meningkatkan jalan-jalan dalam kota, agar lebih nyaman dan aman dilalui masyarakat.

“Rencananya, tahun ini jalan menuju Desa Karta Mulia memang dilakukan perbaikan dan saat ini masih dilakukan tender proyek melalui LPSE guna menentukan kontraktor yang tepat untuk menanganinya,” katanya di Sukamara, Rabu.

Dia menjelaskan untuk perbaikan jalan tersebut masih membutuhkan anggaran yang cukup besar, namun saat ini disediakan anggaran agar jalan bisa fungsional terlebih dahulu. Anggaran yang disediakan untuk perbaikan jalan di Desa Karta Mulia adalah sekitar Rp3 miliar.

“Kita akan lakukan secara bertahap untuk peningkatan jalan tersebut, dengan menyesuaikan jumlah anggaran yang tersedia nantinya, sehingga semua jalan-jalan dalam kota sampai mantap lancar (pengaspalan),” harapnya.

Rizali menerangkan, pihaknya juga berencana membuat sebuah bundaran di Jalan Simapang Karta Mulia, mengingat jalan tersebut juga merupakan salah satu jalur alternatif menuju dalam kota.

“Jadi, nantinya selain dilakukan perbaikan jalan hingga fungsional, akan dibangun bundaran dan dipastikan pengerjaan tahun ini juga. Makanya, saat ini kedua proyek tersebut masih dalam proses lelang,” terangnya.

Baca juga: Wabup Sukamara ajak masyarakat saling menghargai dalam keberagaman

Dia menyampaikan, selain jalan pihaknya juga akan melakukan penataan terhadap sarana prasarana penerangan jalan-jalan dan keindahan dalam kota.

“Kita ketahui, bahwa anggaran yang ada tidak bisa hanya untuk meningkatkan satu kegiatan saja. Makanya, kita sesuaikan berdasarkan angka prioritas yang dibutuhkan oleh masyarakat, salah satunya perbaikan jalan tersebut,” tutupnya.

Baca juga: Lapas Sukamara sukses kembangkan jagung hibrida