Wali Kota Palangka Raya: Harlah Pancasila momentum tumbuhkan semangat kebangsaan

id palangka raya,wali kota,fairid naparin,hari lahir pancasila

Wali Kota Palangka Raya: Harlah Pancasila momentum tumbuhkan semangat kebangsaan

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin pada peringatan Hari Lahir Pancasila di Palangka Raya, Kamis (1/6/2023). ANTARA/HO-Protokol Komunikasi Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan peringatan Hari Lahir Pancasila harus menjadi momentum dalam menumbuhkan semangat kebangsaan di kalangan generasi muda.

"Peringatan Hari Lahir Pancasila ini benar-benar harus dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila oleh generasi muda dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Fairid di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis.

Dia mengatakan pengamalan nilai-nilai Pancasila juga telah menyatu dalam setiap sendi kehidupan karena tantangan pada era modern dan di tengah laju perkembangan teknologi tidak mudah dihadapi.

"Globalisasi dan interaksi antar-belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Jika berbagai informasi salah dipahami maka justru bisa melemahkan semangat kebangsaan," katanya.

Untuk itu, generasi muda di wilayah "Kota Cantik" diajak untuk terus memperdalam nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Pengamalan dari esensi nilai-nilai Pancasila menjadi vital yang harus diupayakan untuk diperdalam, terutama oleh generasi muda sebagai penerus kepemimpinan masa depan bangsa," tambahnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya pastikan 5 Juni bayar gaji ke-13

Pada momen peringatan Hari Lahir Pancasila ini, Fairid juga mengajak seluruh warganya untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

Dia pun mengajak seluruh elemen masyarakat Ibu Kota Provinsi Kalteng senantiasa menjunjung tinggi toleransi, semangat kebersamaan, dan persaudaraan sehingga tercipta persatuan dan kesatuan yang erat untuk melahirkan sinergi serta berimplikasi pada kelancaran pembangunan pada berbagai sektor kehidupan masyarakat.

"Melalui tema 'Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global' ini, saya berharap semangat kebangsaan untuk bergotong-royong dalam membangun peradaban dan pertumbuhan global demi kejayaan bangsa khususnya Kota Palangka Raya terus terjaga," katanya.

Baca juga: Legislator: Optimalkan ancaman karhutla di Palangka Raya

Baca juga: Anggota DPR RI sebut Pancasila memuliakan manusia

Baca juga: Jamaah calon haji asal Palangka Raya diberangkatkan 4 Juni 2023