Legislator Barsel dorong generasi muda aktif lestarikan budaya daerah

id Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Ideham, Barito Selatan, barsel, kalteng, dprd barsel

Legislator Barsel dorong generasi muda aktif lestarikan budaya daerah

Anggota DPRD Barito Selatan, Sudiarto saat diwawancarai, di Buntok, Selasa (6/6/2023). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Legislator Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Ideham berharap sekaligus mendorong generasi muda di wilayah setempat, agar lebih proaktif dalam melestarikan budaya daerah.

"Pelestarian seni dan budaya tersebut sangat penting agar seni dan budaya yang ada di daerah ini bisa terus ada di tengah masyarakat," katanya, di Buntok, Selasa.

Dikatakannya, budaya atau tradisi adalah sebuah kekayaan nilai yang berupa seni dan seni tersebut bisa berbentuk musik, benda, tarian hingga bahasa.

"Seni dan budaya selalu dimiliki setiap wilayah dan seni dan budaya ini merupakan peninggalan dari leluhur," ucap Ketua Depan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Barito Selatan ini.

Untuk itu, ia mengharapkan kepada generasi muda di daerah ini harus berperan penting dalam melestarikan seni dan budaya tersebut.

Anggota DPRD Barsel itu mengatakan sebuah budaya bisa bertahan atau sirna seiring berjalannya waktu dan keberadaan suatu budaya tersebut akan ditentukan oleh perlakuan masyarakat yang berada di suatu daerah itu.

"Semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk melestarikan budaya, maka tradisi tersebut pasti akan bertahan," tambah anggota DPRD dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Barito Selatan itu.

Baca juga: Ketua DPRD Barsel harapkan penjabat bupati bersinergi membangun daerah

Adapun cara dalam upaya melestarikan budaya tersebut dengan aktif dalam kegiatan kebudayaan untuk terus menjaga eksistensi sebuah tradisi. Kemudian, meningkatkan kompetensi budaya dengan mempelajari literasi guna meningkatkan pengetahuan tentang budaya.

Ia mengharapkan, di tengah arus globalisasi saat ini, generasi muda juga harus membiasakan untuk menggunakan kalimat berbudaya demi menjaga tradisi lokal dan itulah beberapa peran generasi muda untuk melestarikan tradisi lokal.

"Kita mengharapkan kepada pemerintah kabupaten setempat agar mendukung supaya seni dan budaya di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini bisa terus ada di tengah masyarakat di daerah ini," demikian Ideham.

Baca juga: Penjabat Bupati Barito Selatan lakukan sejumlah langkah bangun daerah

Baca juga: DPRD nilai kaji banding DSPMD diperlukan untuk tingkatkan tata kelola BUMDes

Baca juga: Perindo Barito Selatan targetkan raih tiga kursi DPRD