Dana porprov belum cair, KONI dan cabor di Kapuas diminta bersabar

id Kepala Disbudpora Kapuas, Kabupaten Kapuas, Agusthe, Disbudpora Kapuas, kalimantan tengah, kalteng

Dana porprov belum cair, KONI dan cabor di Kapuas diminta bersabar

Plt Kepala Dinas Budpora Kabupaten Kapuas Agusthe. ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kapuas, Agusthe, meminta kepada KONI dan cabang olahraga lainnya, agar dapat bersabar terkait belum disalurkannya dana kesiapan Porprov Kalimantan Tengah, walaupun rencana pelaksanaannya pada Juli 2023.

"Mengingat keputusan dan penetapan jadwal pelaksanaan belum didapatkan. Maka dari itu, dana belum bisa kita cairkan," kata Agusthe, di Kuala Kapuas, Kamis (8/6).

Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu ketetapan jadwal pelaksanaan resmi yang dikeluarkan oleh provinsi dalam pergelaran olahraga empat tahun tersebut yang akan dilaksanakan di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Untuk kesiapan kontingen dan atlet serta dana pelaksanaan Porprov sudah siap, hanya saja dana itu yang tidak bisa kami cairkan, karena itu tadi (kepastian) penetapan pelaksanaan Porprov)," katanya.

Untuk dana Porprov sendiri yang tersedia di anggaran sebesar Rp1,5 miliar, yang nantinya akan diserahkan kepada KONI Kabupaten Kapuas, selaku penanggung jawab pelaksana kegiatan Porprov tersebut.

Sedangkan untuk total dana hibah keolahragaan yang tersedia di anggaran Disbudpora setempat sendiri, sebesar Rp.3,5 miliar yang terdiri dari Rp.1,5 miliar untuk kegiatan Porprov, Rp.1,5 miliar untuk dana pembinaan bagi Cabang Olahraga (cabor) dan Rp.500 juta untuk operasional KONI setempat.

"Untuk dana pembinaan cabor sebesar Rp.1,5 miliar, sudah kita bagikan ke masing-masing cabor, ada yang sudah menerima langsung dan ada yang sudah menerima 60 persen saja. Begitu juga dana operasional KONI, sudah kita serahkan dari Rp.500 juta, 60 persen sudah mereka terima," beber Agusthe.

Baca juga: Angin puting beliung hantam sejumlah bangunan warga Desa Mantangai

Dengan tidak dapat dicairkannya dana Porprov tersebut, ia berharap KONI maupun cabor untuk dapat bersabar menunggu keputusan resmi dari provinsi ketetapan pelaksanaan Poprov tersebut.

Kepala Disbudpora Kapuas itu juga berharap KONI dan cabor yang telah menerima dana hibah dari pemerintah, dapat mempergunakan dengan baik dan digunakan sebagaimana mestinya. 

"Dana yang besar diberikan sebagai bentuk perhatian pemerintah ini, diharapkan dapat memberikan terbaik bagi daerah dalam mengikuti porprov nantinya," demikian Agusthe.

Baca juga: Pemkab Kapuas bentuk Satgas Pos Simpul Komando hadapi ancaman karhutla

Baca juga: Legislator Kapuas dukung rencana pembangunan perhutanan sosial

Baca juga: Pemkab Kapuas bentuk Satgas Pos Simpul Komando hadapi ancaman karhutla