Komisi I DPRD: TMMD bantu buka keterisolasian di Barito Selatan

id Dprd barito selatan, komisi I dprd barito selatan, jarliansyah, tmmd, tni manunggal membangun desa, tni, buntok, danau ganting, barsel, barito selatan

Komisi I DPRD: TMMD bantu buka keterisolasian di Barito Selatan

Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan, Jarliansyah. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Jarliansyah menilai kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sangat bermanfaat dalam upaya membuka keterisolasian desa.

"Melalui kegiatan TMMD ini membuka keterisolasian desa yang jaraknya jauh dari perkotaan," katanya di Buntok, Kamis.

Dengan terbukanya akses ini juga membuka akses jalan baru bagi masyarakat khususnya di Desa Danau Ganting, Kecamatan Dusun Selatan. Kemudian juga meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di perdesaan.

Baca juga: Pemkab Barsel kembali bangun TPS-3R optimalkan pengelolaan sampah

Apalagi dalam pelaksanaan TMMD ini juga dilaksanakan kegiatan tambahan yakni membangun rumah warga yang tidak layak huni dan kegiatan non fisik berupa penyuluhan tentang bela negara maupun penyakit-penyakit menular.

"Kegiatan ini tentunya bentuk sinergi dan kebersamaan antara pemerintah daerah dengan TNI dan Polri serta masyarakat," jelasnya.

Menurutnya program ini sebagai upaya untuk mendorong bertambahnya partisipasi aktif masyarakat di perdesaan, untuk membangun wilayah guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan dan percepatan pembangunan.

Baca juga: Danrem harapkan sasaran fisik TMMD di Barsel dapat dilanjutkan

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan itu mengharapkan, kegiatan TMMD tidak hanya dilaksanakan di Desa Danau Ganting saja, tetapi juga desa lain yang mengalami ketertinggalan.

"Kita juga mengharapkan kepada masyarakat dapat menjaga dan memanfaatkan hasil dari kegiatan TMMD ini dengan baik," jelasnya.

Baca juga: Pemkab Barsel gunakan dana APBD lanjutkan program Pamsimas

Baca juga: Penjabat Bupati Barsel respons pemekaran kecamatan

Baca juga: DPRD Hulu Sungai Utara kaji banding Perda Pertanggungjawaban APBD ke Barsel