Diskop UKM Kalteng dukung pelaku usaha kawasan wisata lengkapi legalitas halal dan NIB

id Pemprov kalteng, sertifikat halal, nomor induk berusaha, nib, diskop ukm kalteng, norhani, kalteng, kalimantan tengah, umkm kalteng, naik kelas, kawas

Diskop UKM Kalteng dukung pelaku usaha kawasan wisata lengkapi legalitas halal dan NIB

Kadiskop UKM Kalteng Norhani menyerahkan sertifikat halal dan NIB kepada pelaku usaha di kawasan wisata Kereng Bangkirai, Palangka Raya, (10/6/2023). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Tengah mendukung para pelaku usaha di kawasan wisata di daerah setempat untuk melengkapi legalitas halal maupun nomor induk berusaha (NIB).

"Ini sebagai upaya kita bersama mendukung para pelaku UMKM agar naik kelas, dengan meningkatkan kualitas yang dimiliki," kata Kepala Diskop UKM Kalteng Norhani di Palangka Raya, Selasa.

Seperti yang diketahui, pelaku UMKM tak hanya banyak ditemui di kawasan pasar, namun juga berbagai tempat lainnya termasuk kawasan wisata.

Norhani menjelaskan, di antaranya yang baru saja menerima legalitas halal maupun NIB adalah para pelaku usaha di kawasan wisata air hitam Kereng Bangkirai Palangka Raya.

Ada sekitar 130 pelaku UMKM yang menerima sertifikasi halal maupun NIB yang merupakan hasil kerja sama dan dukungan berbagai pihak.

"Kami selalu mendukung UMKM untuk naik kelas, baik dengan mengoptimalkan digitalisasi maupun melengkapi legalitas-legalitas yang sudah seharusnya dilakukan," tuturnya.

Baca juga: Kapasitas relawan damkar terus ditingkatkan, optimalkan penanganan karhutla di Kalteng

Oleh karenanya, Diskop UKM meminta para pelaku usaha terus meningkatkan kualitas yang dimiliki, termasuk melengkapi berbagai legalitas yang diperlukan sesuai aturan sehingga dapat mengembangkan usahanya atau naik kelas.

Selain itu keberadaan legalitas halal, menjadi langkah nyata dalam mewujudkan penyediaan pangan yang aman, layak dan bermutu bagi masyarakat. Keamanan pangan merupakan tugas bersama, sebab menyangkut hajat hidup orang banyak

Kepala Perwakilan Halal Center Cendekia Muslim (HCCM) Kalteng Nanang Fahrurrazi mengatakan, penyerahan sertifikat halal ini merupakan bentuk nyata dukungan kepada UMKM di daerah setempat untuk semakin maju dan berkembang.

Diharapkan hal ini mampu meningkatkan daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung, sehingga memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca juga: Pemprov Kalteng implementasikan SPBE terintegrasi satu data dan satu aplikasi

Baca juga: Disbudpar Kalteng edukasi masyarakat penerbitan izin membawa cagar budaya

Baca juga: BNPB kirim helikopter fungsi ganda optimalkan penanggulangan karhutla di Kalteng