DPRD dorong UMKM dapatkan sertifikasi halal

id syailendra

DPRD dorong UMKM dapatkan sertifikasi halal

Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Beta Syailendra. ANTARA/HO-Dokumen

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Beta Syailendra membantu memfasilitasi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah setempat untuk bisa mendapatkan sertifikasi halal di produk yang mereka hasilkan.

"Kami akan coba koordinasikan dengan pemkot melalui instansi terkait, sehingga pelaku usaha di Palangka Raya yang benar-benar konsisten bisa mendapatkan sertifikasi halal agar produk mereka bisa dijual ke luar daerah," katanya di Palangka Raya, Sabtu.

Beta menuturkan, beberapa waktu lalu kalangan legislator di Palangka Raya yang tergabung di Komisi C yang membidangi Kesejahteraan Masyarakat, Pendidikan dan Pariwisata tersebut melakukan kunjungan ke salah satu kelompok usaha masyarakat yang diberi nama 'Kampung Kelakai', yang berada di Jalan Mendawai ujung Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya.

Baca juga: Kemarin, Waspada maraknya penipuan arisan online di Kalteng hingga oknum guru diduga cabuli muridnya

Salah satu usaha kelompok masyarakat itu terus berkembang dan mengolah produk-produk berbahan daun kelakai, dan bahan bakunya juga sangat berlimpah di Kota Palangka Raya.

"Kelompok UMKM milik masyarakat ini harus kita dorong untuk terus berkembang, sehingga produk andalan mereka nantinya kalau sudah memiliki izin dari berbagai instansi, tentunya tidak kalah bersaing dengan produk dari pabrikan," ungkapnya.

Dirinya berharap pemerintah melalui instansi terkait dapat terus melakukan pembinaan dan mendorong mereka untuk menjadi produk unggulan dan cemilan khas Kota Palangka Raya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, produk UMKM di Palangka Raya cukup banyak dan tidak kalah dengan jajanan produk luar daerah. Selain keripik kelakai, juga ada abon berbahan baku ikan, kopi, serta lainnya.