Pemkab Sukamara dukung peningkatan keamanan lingkungan

id Pemkab Sukamara dukung peningkatan keamanan lingkungan, kalteng, sukamara

Pemkab Sukamara dukung peningkatan keamanan lingkungan

Bupati Sukamara Windu Subagio bersama Kapolres Sukamara AKBP Dewa Made Palguna Ketika berfoto bersama usai apel kasatkamling di halaman Mapolres Sukamara. Rabu (21/6/2023). ANTARA/Donefrid Lalang

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Windu Subagio mengatakan, apel ketua satuan keamanan lingkungan (kasatkamling) yang diprakarsai oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merupakan suatu hal yang sangat positif dalam meningkatkan keamanan.

“Hal ini tentunya sangat didukung oleh seluruh stake holder khususnya di Kabupaten Sukamara, guna menciptakan situasi dan kondisi yang aman, sehingga pembangunan dapat dilakukan dengan sangat baik,” ucapnya di Sukamara, Rabu.

Menurutnya, dengan adanya satkamling juga merupakan salah satu cipta kondisi dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan Upaya bersama guna menciptakan situasi dan kondisi yang aman di wilayah ini.

“Kita harapkan dengan revitalisasi satkamling di wilayah ini, dapat berdampak juga terhadap kesejahteraan masyarakat. Karena ini merupakan suatu momentum yang baik dimana setiap Kepala Desa, RT, RW hingga aparat keamnan lainnya hingga linmas hadir pada apel ini,” tuturnya.

Baca juga: Sekda Sukamara pelajari potensi kerja sama Indonesia dengan New South Wales

Windu menjelaskan, terpenting adalah semua dapat mengetahui terlebih dahulu mengenai revitalisasi satkamling ini, sehingga kedepannya dapat dilakukan pembinaan di lapangan. Ini merupakan harapan semua agar terwujud sesuai dengan apa yang diamanahkan pimpinan.

Kapolres Sukamara, AKBP Dewa Made Palguna SIK MH menjelaskan, bahwa revitalisasi satkamling untuk wilayah setempat memang sangat perlu dihidupkan Kembali secara menyeluruh.

“Ini bertujuan dalam menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan nyaman pada suatu lingkungan bermasyarakat. Sebab, keamanan merupakan salah satu kunci utama dalam suatu pembangunan,” terangnya.

Disampaikan, bahwa pembangunan banyak hal bisa secara fisik maupun mental. Jadi, diharapkan kedepannya semua pihak dapat bersama dan berkomunikasi dalam membangun Kabupaten Sukamara ini semakin lebih baik lagi.

“Berbagai dinamika tantangan ke depan yang harus dihadapi secara bersama-sama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat. Karena itu, kami selaku Polri akan melakukan pembinaan dan pengembangan potensi masyarakat melalui pengaman swakarsa sebagai Upaya dalam memperkuat keamanan lingkungan,” pungkasnya.

Baca juga: Bupati Sukamara ingin penyelenggaraan festival durian menjadi agenda tahunan

Baca juga: Pemprov sediakan komoditas pangan strategis harga terjangkau di Sukamara

Baca juga: Sejumlah perwira Polres Sukamara mengalami pergeseran jabatan, berikut rinciannya