Bawaslu Barut tingkatkan peran media dalam pengawasan Pemilu 2024

id bawaslu barito utara,peningkatan peran media,pemilu 2024,pwi ,dinas kominfosandi,barito utara,kalteng,barut

Bawaslu Barut  tingkatkan peran media dalam pengawasan Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Barito Utara Alamsyah foto bersama peserta sosialisasi pengembangan pengawasan pemilu melalui media pada tahapan Pemilu 2024 di Muara Teweh, Jumat (23/6/2023).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, meningkatkan peran media dalam pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Fungsi dan kedudukan media dalam menyukseskan Pemilu 2024 sangat penting. Karena itu kerja sama media dengan Bawaslu diharapkan dapat berjalan dengan baik dan bisa lebih ditingkatkan," kata Ketua Bawaslu Barito Utara Alamsyah di Muara Teweh, Jumat.

Pernyataan itu dikemukakannya dalam sosialisasi pengembangan pengawasan pemilu melalui media pada tahapan Pemilu 2024 yang diikuti puluhan wartawan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Barito Utara.

Selain itu pegawai Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) setempat dengan narasumber Ketua PWI Barito Utara Herman serta Kabid Infokom dari Diskominfosandi Barito Utara Hadi Safarie dan juga Ketua Bawaslu setempat Alamsyah. 

"Kegiatan ini demi menyukseskan pengawasan Pemilu 2024," kata Alamsyah.

Menurut dia, dari pengalaman pemilu ke pemilu, diketahui bersama bahwa peran media dalam pengawasan dan menyukseskan pemilu sangat penting, baik dalam hal menyosialisasikan kegiatan tahapan-tahapan pemilu dan juga dalam menghindari pelanggaran pemilu. 

Realitanya, menurut dia, banyak pengawas pemilu mendapatkan informasi dari media. 

"Sehingga kami merasa perlu melaksanakan program sosialisasi ini agar apa yang diharapkan dalam pengawasan Pemilu 2024 dapat kita wujudkan bersama," kata dia.

Dijelaskan, ke depan Bawaslu Barito Utara berencana untuk menerbitkan buletin Bawaslu. Namun karena terbatasnya sumber daya manusia di Bawaslu untuk hal tersebut, mungkin nanti bisa bekerja sama dengan rekan-rekan media untuk memberikan materi maupun pembinaan dan wawasan bagi Sekretariat Bawaslu Barito Utara sehingga penerbitan buletin ini bisa terwujud. 

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua PWI Barito Utara beserta anggota yang berkenan hadir. Demikian juga dengan rekan-rekan dari Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Barito Utara yang selama ini juga telah menjalin hubungan baik dengan Bawaslu Barito Utara," kata Alamsyah.