Pawai takbir semarakkan perayaan Idul Adha di Kota Palangka Raya

id pawai takbir,idul adha,fairid naparin,palangka raya

Pawai takbir semarakkan perayaan Idul Adha di Kota Palangka Raya

Warga menyaksikan pawai takbir Idul Adha 1444 Hijriah di Palangka Raya, Rabu (28/6/2023) malam. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Pelaksanaan pawai takbir yang diikuti berbagai elemen masyarakat menyemarakkan perayaan Idul Adha 1444 Hijriah di wilayah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Data Pengurus Hari Besar Islam mencatat sampai siang tadi ada 77 peserta yang mendaftar dengan jumlah ratusan mobil hias," kata Panitia Koordinator Pawai PHBI Palangka Raya, Jarkasi di Palangka Raya, Rabu.

Peserta pawai itu mulai dari unsur pemerintah, swasta, organisasi masyarakat, sekolah, pengurus masjid dan sebagainya

Dia menerangkan, pelaksanaan pawai takbir Idul Adha ini terlaksana berkat kerja sama Pemerintah Kota Palangka Raya dengan PHBI Kota Palangka Raya. Kemudian juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, mulai kepolisian dan pihak terkait lainnya.

Rute pawai tersebut diperkirakan menempuh jarak sekitar 14 kilometer, mulai dari Masjid Agung Kubah Kecubung - Jalan RTA MIlono- Jalan Diponegoro - Jalan Dr Murjani - Jalan A Yani - Jalan S Parman - Jalan DI Panjaitan - Dari Bundaran Besar - Jalan Imam Bonjol - Bundaran Kecil - Jalan RTA Milono dan kembali ke Masjid Agung Kubah Kecubung.

Baca juga: KPU tetapkan DPT Pemilu di Kalteng 1,9 juta pemilih

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, selain dalam rangka menyemarakkan perayaan Idul Adha, pawai takbir ini juga sebagai upaya menggelorakan syiar islam sebagai agama yang menjadi rahmat bagi seluruh alam dan seisinya.

"Kami menyambut baik, mengapresiasi, bangga serta gembira, karena kegiatan itu mampu menjalin silaturahmi, serta semakin menyemarakkan maupun memeriahkan hari raya Idul Adha," katanya.

Dia pun mengajak seluruh umat Muslim yang ada di "Kota Cantik" menjadikan momentum tersebut sebagai landasan membangun kebersamaan, dalam menyukseskan pembangunan daerah.

"Pawai takbir yang digelar itu, kami harapkan menjadi media mempererat tali silaturahmi, baik antar sesama Muslim maupun antar umat beragama lainnya," ungkapnya.

Dia pun berharap, agar pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha maupun kurban pada Kamis (28/6), terlaksana dengan baik dan lancar, baik di wilayah perkotaan maupun perdesaan.