111 peserta lulus tes administrasi calon anggota KPU di Kalteng

id Kpu kalimantan tengah, komisi pemilihan umum, kpu palangka raya, kpu barut, kpu gumas, pemilu 2024, kalteng, kalimantan tengah

111 peserta lulus tes administrasi calon anggota KPU di Kalteng

Tim Seleksi mengumumkan pendaftaran calon anggota KPU tiga kabupaten/kota di Kalteng di Palangka Raya, Senin (3/7/2023). (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) tiga kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan 111 peserta lulus tahapan administrasi.

“Dari 128 orang yang mendaftar, sebanyak 111 orang dinyatakan lolos dan 17 lainnya tidak lolos tahap administrasi," kata Ketua Timsel KPU Stepanus di Palangka Raya, Senin.

Dia menerangkan pada KPU Kabupaten Barito Utara (Barut) sebanyak 36 orang dinyatakan lolos berkas administrasi, KPU Kabupaten Gunung Mas (Gumas) sebanyak 30 orang dinyatakan lolos berkas administrasi, serta KPU Kota Palangka Raya 45 orang lolos berkas administrasi.

"Di antara penyebab peserta tidak lulus administrasi karena ada kegagalan administrasi didominasi surat kesehatan jasmani tidak lengkap, legalisasi ijazah hanya discan dan ada pula PNS tak dapat persetujuan pejabat pembina kepegawaian setempat," katanya.

Selain itu, juga ada yang surat keterangan kesehatan tidak sesuai. Harusnya dikeluarkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tetapi dikeluarkan puskesmas.

Usai tahapan ini, para bakal calon anggota KPU yang lulus berkas administrasi akan mengikuti tes tertulis dan tes psikologi pada Kamis (6/7) dan Jumat (7/7).

"Tes tertulis dijadwalkan di Aula Gedung BKD Provinsi Kalteng dan tes psikologi di salah satu hotel di Palangka Raya," jelasnya.

Baca juga: Timsel tetapkan 30 nama calon anggota tiga kabupaten di Kalteng

Pihaknya pun memastikan setiap tahapan akan dilaksanakan secara baik, jujur dan berintegritas, dapat dipertanggungjawabkan serta dilaksanakan didasarkan peraturan yang ada.

Tim Pansel calon anggota KPU di tiga kabupaten di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" ini juga akan berupaya maksimal, guna melahirkan komisioner terbaik dan berintegritas sehingga proses pelaksanaan pemilu dan pilkada berlangsung aman, damai, tertib serta terpenuhinya setiap hak masyarakat pada pesta demokrasi.

Timsel tiga calon anggota KPU di tiga Kabupaten di Kalimantan Tengah ini terdiri dari Stepanus, Syamsudi Yusup, Fendahapsari Singggih Sendayu, Nako dan Novrianti.


Baca juga: KPU tetapkan DPT Pemilu di Kalteng 1,9 juta pemilih


Baca juga: 1.086 bakal calon anggota DPRD daerah ini belum penuhi syarat

Baca juga: Polda Kalteng: Jelang Pemilu 2024 masyarakat tak terprovokasi isu SARA