Ajang unjuk kreativitas pelaku seni, DPRD Kalteng apresiasi digelarnya Pekat

id DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, Kalimantan Tengah, Anggota DPRD Kalteng, Mujahirin, Pameran Seni Rupa Perupa Kalteng

Ajang unjuk kreativitas pelaku seni, DPRD Kalteng apresiasi digelarnya Pekat

Anggota DPRD Kalteng Mujahirin (tengah) saat pembukaan Pameran Seni Rupa Perupa Kalteng di Palangka Raya, kemarin. ANTARA/HO-ANTARA/HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Kalangan DPRD Kalimantan Tengah mengapresiasi dan menyambut baik langkah Komite Seni dan Budaya Nusantara (KSNBN) Kalteng, yang menggelar Pameran Seni Rupa Perupa Kalteng (Pekat) di Gedung Pameran UPT Taman Budaya Kalteng pada tanggal 27 Juli hingga 2 Agustus 2023.

Pekat itu merupakan salah satu upaya sekaligus ajang eksplorasi dan unjuk kreativitas para pelaku seni yang ada di provinsi ini, kata Anggota DPRD Kalteng Mujahirin di Palangka Raya, Senin.

"Melalui kegiatan itu juga terlihat bahwa KSNBN Kalteng telah menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam menjaga keberagaman budaya kesenian dan warisan leluhur," ucapnya.

Legislator Kalteng itu pun mengucapkan selamat kepada pengurus dan seluruh anggota atas peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 terbentuknya KSBN di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini.

Dia berharap HUT ke-3 ini dapat menjadi momentum untuk lebih memperkuat sinergi antar pengurus dan anggota KSBN Kalteng serta para seniman maupun budayawan, termasuk semakin meningkatnya partisipasi masyarakat dalam melestarikan budaya di provinsi ini.

Baca juga: Berlangsung meriah, DPRD Kalteng apresiasi pelaksanaan Porprov 2023 di Sampit

"Harapannya, KSBN Kalteng juga terus menciptakan berbagai program dan kegiatan yang dapat memberdayakan para seniman muda, agar dapat terus berkarya dan mengembangkan bakat," kata Muhajirin.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pekat Kalteng Dede Stefanus menyatakan bahwa pameran yang telah digelar kali kedua ini bertujuan untuk mengeksplorasi kreativitas para pelaku seni, sekaligus menampulkan beragam bentuk ekspresi seni yang melintasi batas-batas konvensional, dan mengajak para penikmatnya untuk menggali lebih dalam lagi tentang seni.

"Kami juga berharap melalui Pekat ini, bisa memperkaya pengalaman seni setiap penikmat seni rupa dalam mengekspresikan dan memberikan pikiran positif, serta memberikan wawasan baru tentang seni rupa," demikian Dede.

Baca juga: DPRD Kalteng minta Perusda hilangkan defisit dan hasilkan PAD

Baca juga: Waket DPRD Kalteng: Kemajuan pembangunan di Katingan mulai terlihat

Baca juga: DPRD Kalteng : Penyandang disabilitas harus diakomodir secara optimal di pemilu 2024