Expo Bartim 2023 siap digelar, berikut waktu pelaksanaannya

id Pemkab barito timur, bartim expo 2023, bupati bartim ampera ay mebas, sekda bartim, panahan moetar, tamiang layang, bartim, barito timur

Expo Bartim 2023 siap digelar, berikut waktu pelaksanaannya

Sekda Barito Timur, Panahan Moetar. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten ke-21 tahun dan HUT ke-78 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah menggelar Expo Bartim 2023 yang rencananya dilaksanakan selama 21 hari.

“Kita optimis perputaran uang pada pelaksanaan Expo Bartim 2023 yang dirancang 21 hari itu bisa mencapai Rp4 miliar,” kata Sekretaris Daerah Barito Timur, Panahan di Tamiang Layang, Rabu.

Expo Bartim 2023 rencananya dilaksanakan mulai Kamis (10/8) hingga Rabu (30/8). Berbagai aneka produk UMKM akan tersedia pada Expo Bartim 2023 dan stan pameran akan diisi instansi pemerintah, perbankan, pelaku usaha UMKM dan pihak ketiga, juga diisi hiburan rakyat. 

Menurutnya, perhelatan tersebut akan menghasilkan perputaran uang yang lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Pada Expo Bartim 2022, tercatat perputaran uang mencapai Rp2,4 miliar.

Expo Bartim 2023 bukan hanya sekadar ajang promosi daerah, tetapi juga bertujuan meningkatkan pendapatan bagi pelaku usaha, khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat. Pameran ini diharapkan memberi kesempatan bagi pelaku UMKM untuk memperluas jaringan bisnis, menarik investor, dan meningkatkan penjualan produk lokal.

"Kami sangat mendukung para pelaku UMKM untuk berpartisipasi aktif dalam Expo Bartim tahun ini. Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Barito Timur telah memberikan berbagai fasilitas dan dukungan bagi para peserta agar mereka dapat tampil maksimal dalam pameran ini," tambahnya.

Baca juga: BNK Bartim perkuat program pencegahan penyalahgunaan narkoba

Dia juga mengimbau masyarakat dan para pengunjung dari berbagai daerah turut berpartisipasi dalam Expo Bartim 2023 guna mendukung dan mempromosikan produk-produk unggulan dari daerah ini.

Pameran ini tidak hanya menampilkan produk-produk unggulan, melainkan juga memamerkan beragam budaya, kuliner, dan potensi wisata Barito Timur. Diharapkan, kegiatan ini meningkatkan citra dan daya tarik pariwisata daerah, serta memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi lokal.

“Pemerintah daerah berkomitmen untuk terus mendukung dan mendorong perkembangan sektor ekonomi kerakyatan, terutama UMKM agar dapat bersaing secara lebih baik di pasar global,” kata Panahan.

Baca juga: Legislator Bartim pertanyakan anggaran atlet ikut Porprov XII Kalteng

Baca juga: Masyarakat Bartim diminta ikut cegah karhutla saat musim kemarau

Baca juga: PNS Bartim antusias ikut ujian dinas tingkat I dan II