61 calon anggota Paskibraka Gunung Mas ikuti diklat dan pembinaan

id Paskibraka Gunung Mas, Gunung Mas, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, gumas, kalteng

61 calon anggota Paskibraka Gunung Mas ikuti diklat dan pembinaan

Pj Sekda Gunung Mas Richard berfoto bersama Ketua panitia diklat Aprianto dan calon anggota paskibraka serta lainnya usai pembukaan diklat dan pembinaan di Kuala Kurun, Kamis (3/8/2023). ANTARA/HO-Protokol dan Perjalanan Setda Gunung Mas.

Kuala Kurun (ANTARA) - Sebanyak 61 calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) serta pembinaan yang dipusatkan di Kuala Kurun.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Gunung Mas Richard di Kuala Kurun, Kamis, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan calon anggota paskibraka, agar menjadi pemuda dan pemudi yang handal.

"Mereka diharapkan dapat menjadi pemuda yang berkemampuan tinggi dalam kebersamaan yang kompak, sebagai satu kesatuan dalam paskibraka. Ini sekaligus sebagai program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila," sambungnya.

Adapun ke-61 calon anggota paskibraka yang terpilih untuk bergabung dalam diklat dan pembinaan, merupakan hasil seleksi yang dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di tiap-tiap kecamatan beberapa waktu lalu.

"Kami meminta kepada calon anggota Paskibraka Gunung Mas, agar mengikuti diklat dan pembinaan dengan penuh perhatian, serta menaati berbagai ketentuan yang telah ditetapkan oleh pelatih, bina damping, dan panitia," kata Richard.

Di Sekda Gumas itu juga menyampaikan terima kasih kepada pelatih, bina damping, dan panitia atas kesiapannya dalam pelaksanaan kegiatan. Mereka diminta memperhatikan kondisi kesehatan, fisik, mental dan keadaan setiap peserta.

Baca juga: Siswa SMAN 1 Sepang terpilih sebagai Duta Baca Pelajar Gumas

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan, Aprianto menyampaikan bahwa ke-61 calon anggota Paskibraka Gunung Mas tadi berasal dari belasan SMA sederajat yang ada di kabupaten setempat. Adapun rinciannya 38 calon anggota putra dan 23 orang putri.

Dia menyebut, untuk akomodasi selama pelaksanaan diklat dan pembinaan calon anggota paskibraka, tepatnya mulai 3-18 Agustus 2023, seluruh peserta akan ditanggung di Hotel Gunung Mas.

"Calon anggota paskibraka kami harap bertanggung jawab penuh terhadap tugas mereka, serta mengutamakan kedisiplinan dan kerja sama dengan sesama," demikian Aprianto.

Baca juga: RSUD Kuala Kurun tingkatkan kemampuan nakes melalui BTCLS

Baca juga: Perangkat daerah di Gumas diminta terapkan pembayaran digital

Baca juga: Bandara Kuala Kurun komitmen terhadap keamanan dan keselamatan penerbangan